Trepanation (Trepanasi) - Ngebor Kepala!



Hola-holaaa sobat!
Selamat apa aja dehh, selamat selamut juga bolehlah :D
Masih dalam rangka relokasi blog, kali ini saya reposting lagi artikel dari blog lama saya nih brader sista. Kali ini tentang nglubangin kepala!

Whoaa, mau tau?

Just cekidot!

Mau nggak, sobat nyoba ngebor kepala? Nggak perlu lebar-lebar deh... cukup sebesar ujung jari kita aja.... Kayaknya ga perlu nunggu jawabannya, pasti jawabannya adalah: ogaahh.... Ngapain coba?
Hahaha, I agree with u. Tapi nggak ada salahnya lanjutin bacanya deh, sob :)


Praktek Trepanasi

Praktek trepanasi sebenernya udah ada sejak zaman neolitik. Tujuan awalnya sih ngobatin penyakit dalam dan menyingkirkan roh jahat.

Patung Yang Menggambarkan Praktek Trepanning Pada Jaman Neolitikum


Trepanation ini juga dipraktekin sebagai tindakan darurat dalam penanganan luka pada kepala untuk ngebersihin darah yang terperangkap di bawah tulang kepala.


Perkembangan Trepanasi

Sampai saat inipun masih ada praktek trepanation oleh orang-orang Eropa dan Amerika baik yang dilakukan secara independen atau oleh pembedahan dalam dunia kedokteran.

Seiring berjalannya waktu, peralatan yang dipakepun ikut berkembang. Yang tadinya cuma pake pisau berujung runcing, sekarang jadi pake bambu runcing :D haha. Maksud saya, berkembang menjadi bor tangan hingga bor elektrik pada zaman modern.

Tujuannya? Katanya sih, biar darah mengalir dengan lancar menuju otak sehingga otak dapat berkembang kembali seperti pada kepala bayi yang masih sangat rawan namun otak berkembang dengan cepat.

Tengkorak Yang Sudah Di-trepanning

Pada sebuah pemenemuan di Perancis, sedikitnya terdapat 120 tengkorak yang diperkirakan berumur 6500 sebelum masehi. 40 tengkorak diantaranya memiliki lubang di tengkorak tersebebut.


Trepanasi Pada Abad Pertengahan
Pada abad pertengahan, trepanation semakin berkembang. Tujuh dari delapan tengkorak yang ditemukan di Jerman bagian baratdaya membuktian adanya penyembuhan dan berhasil bertahan dalam praktek trepanation yang beresiko tinggi ini. ezon7.blogspot.com


Trepanasi Modern

Saat ini, trepanation sudah biasa dilakukan dengan tujuan yang mungkin berbeda. Baik itu oleh dunia medis modern, atau bahkan konon ada yang melakukan self-trepanation lho. The Beatles saja sampai membuat lagu berjudul "Hole in The Head."

VAL-CUT Trepanning Tools


Video Trepanasi (trepanation/trepanning)

Pernah suatu kali, saya browsing dan menemukan sebuah video trepanation yang dilakukan oleh suku pedalaman Africa.

Mereka melakukan trepanation terhadap seorang wanita afrika dengan hanya memakai pisau dan tanpa anastesia. Buat anda yang ingin download atau melihat, kunjungi saja link dibawah:
http://youtube.com/watch?v=2VDmjtK4hNc&desktop_uri=%2Fwatch%3Fv%3D2VDmjtK4hNc

Selain video di atas, ada juga kesaksian dari orang-orang yang udah nyobain ngebor kepala mereka. Ada yang dibor orang lain, ada juga yang ngebor sendiri!
Gila!

Tapi buat yang nggak siap ati, mending nggak usah liat deh...
tapi kalo penasaran yaa udaah...... tapi tanggung sendiri :D
hehee... :D


Definisi Dari Kedokteran Modern

Dunia kedokteran modern mendefinisikannya sebagai berikut, Trepanation/ kraniotomi adalah sebuah tindakan membuka tulang kepala yang bertujuan untuk mencapai otak untuk tindakan pembedahan definitif yaitu: Epidural Hematoa (EDH) adalah suatu pendarahan yang terjadi diantara tulang dang dan lapisan duramater; Subdural Hematoa (SDH) atau pendarahan yang terjadi pada rongga diantara lapisan duramater dan dengan araknoidea. Penjelasan medis modern lebih rinci coba sobat browsing aja yaa.


Menariknya Trepanasi

Yang menarik adalah, orang yang telah melakukan trapanation, konon secara alamiah bakalan muncul indra ke-enamnya.

Saya pernah baca komik jepang berjudul Homunculus karya Hideo Yamamoto. Dikisahkan bahwa Manabu Ito seorang mahasiswa kedokteran melakukan percobaan trepanation pada Susumu Nakoshi dengan imbalan sebesar 700,000 yen.

Komik Homunculus

Setelah operasi trepanasi tersebut, Susumu dapat melihat orang yang dilihatnya berubah wujud aneh, contohnya seperti perempuan yang dalam pandangan visualnya berubah menjadi manusia pasir dan bermacam-macam lagi kisahnya.

Nah, buat sobat yang lagi pusing-pusing, migrain atau ingin dapet kesaktian dari indra keenam. Mungkin Trepanation bisa jadi jawabannya. ^_^; gleekkk (ez) ezon7.blogspot.com

Reposted dari blog lama saya yang-ini.blogspot.com


Sources:
wikipedia
trepan.com
bedahumum.wordpress.com
Share this article :
 
Comments
6 Comments

+ comments + 6 comments

November 15, 2013 at 12:54 PM

Semakin aneh aja niih bang en.... ckckck

dr Z
November 15, 2013 at 10:43 PM

Ngeri akh,,,

November 20, 2013 at 9:42 AM

Azra ah yang lebih aneh tuhh :D

November 20, 2013 at 9:43 AM

Hehe :D Mau nyoba?

November 5, 2016 at 4:37 PM

Pakai alat modern aja ngeri, apalagi cuma pakai piso XD

December 20, 2017 at 1:01 PM

Ngeri lagi kalo pisonya tumpul tuh ya hehe

Post a Comment
ezon7 2014. Powered by Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eneas' Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger