Misteri Jam 3 Pagi (UPDATED)

Beberapa hari lalu saya iseng memasukkan keyword “3:00 am” di browser hape saya. Dan… ternyata hasilnya sangat mengejutkan. Saya mendapat kosakata dan pengetahuan baru, yaitu “witch hour”. Dikatakan, witch hour atau witching hour adalah saat dimana makhluk-makhluk seperti penyihir, setan, hantu, atau demit menampakan diri. Pada saat jam 3 pagi itu pula kekuatan hitam berada dalam kondisi terkuat dan paling efektif untuk melakukan praktek ilmu hitam seperti guna-guna, tenung ataupun sihir.


Jam 3 Pagi = Jam Sihir?

ezon7.blogspot.com - Aloha Sobat misteringus, sudah sekitar 3 bulan ini saya dilanda asmara, eh bukan… maksud saya dilanda anomali tidur. Nggak yakin sih apakah itu dinamakan anomali atau bukan. Awalnya sih cuma karena pengen ngebantah lagu Begadangnya bang Roma. Tapi yang jelas jam tidur saya jadi kebalik mirip mas Batman. Saya biasanya mulai mengantuk dan tidur pada jam-jam mendekati subuh. Yaah, katakanlah jam 4 pagi saya baru mulai tertidur. 

Bangun sekitar pukul 7 – 8 pagi (beneran lho itu). Setelah itu berkegiatan seperti biasa dan sampai akhirnya menjelang maghrib saya ngantuk. Kadang saya tidur sebentar, paling dua jam sampai jam 6 – 7 sore dan setelah itu mandi dan dimulailah jam kerja saya sebagai Batman. Entah kenapa, saya juga nggak tau sebabnya. Mungkin karena galau, atau malahan gara-gara internet. Entahlah...

Biasanya saya naik ke loteng buat sekedar ngopi atau mengerjakan berbagai pekerjaan seperti menulis, melukis atau hanya sekedar mainin hape. Bervariasi, mulai dari jam 12 malam, jam 1, jam 2 sampai menjelang subuh-pun saya bela-belain naik loteng. Dan dari jam-jam itulah, ada satu waktu yang jadi favorit saya – yaitu jam 3 pagi.

Sepi dan ada suasana jadi aneh saat jam 3 pagi yang biasanya sudah mulai berembun. Semua orang, yaahh katakanlah 90% orang disekitar sedang nyenyak-nyenyaknya bermimpi di tidur mereka. Yang sepuluh persen sisanya mungkin sedang nggak bisa tidur gara-gara galau, belajar atau nglembur kerjaan atau dengan alasan yang nggak jelas seperti saya ini, atau malahan nglembur yang lain juga mungkin. Hahaha. Tapi menurut saya sih, suasana seperti jam 3 pagi itu penuh inspirasi lho.

Fenomena Jam 3 Pagi
Saya sebenarnya agak kesulitan untuk memberi padanan kata atau bahkan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Tapi akhirnya disini saya terjemahkan menjadi “jam(nya) penyihir/nenek sihir”. Jadi untuk posting disini, biar gampang saya memakai kata jam sihir untuk witch hour.

Witch hour secara modern biasanya juga disebut dengan "midnight" atau tengah malam. Witching hour adalah saatnya makhluk-makhluk seperti penyihir, setan, hantu, atau demit menampakan diri. Pada saat jam 3 pagi itu pula kekuatan hitam berada dalam kondisi terkuat dan paling efektif untuk melakukan praktek ilmu hitam seperti guna-guna, tenung ataupun sihir.

Penampakan-penampakan seperti misalnya tangisan bayi, TV nyala/mati sendiri, pintu tertutup sendiri dan bahkan penampakan hantu-pun dikatakan sering terjadi pada jam 3 pagi ini. Para pemburu hantu juga menganggap bahwa jam antara tengah malam sampai jam 4 pagi adalah jam sibuk mereka.

Beberapa orang mempercayai bahwa jam 3 pagi adalah saat roh-roh melakukan komunikasi dengan kita. Ada pula yang percaya jam 3 pagi adalah waktu iblis. Bahkan ada yang percaya bahwa jika kita bangun pada jam 3 pagi maka kita akan merasa ada seseorang yang melihat dan mengawasi kita meskipun tidak ada jendela atau bahkan pintu.

Bukan nggak beralasan, sobat ezon7. Pada jam 3 pagi, kebanyakan manusia sedang berada pada saat terlemahnya. Kecuali saya, malahan melek bulet-bulet saya mah. Hahaha. Tapi meski begitu, tetap aja saya merasa lemas, lelah, grogi dan yaaa mulai deh yang namanya mengantuk.

Masih dari penjelajahan saya di internet, mulai dari situs pribadi, blog, forum paranormal dan misteri. Saya sempat nyasar juga di answer.yahoo.com. Di situs tanya-jawab itu, ada seseorang yang ketakutan dan ingin tahu soal misteri jam 3 pagi – lalu seseorang menjawab dan mengaku pernah mengalami beberapa pengalaman pribadi yaitu sering melihat hantu pada jam 3 pagi. Penjawab ini menulis, meskipun roh-roh halus bisa muncul baik pada siang maupun malam, tapi dari sekian banyak hantu-hantu yang ia lihat yang paling sering adalah pada jam 3 pagi.

Witch Hour Jam 3 Pagi Dalam Sastra dan Film
"Witching hour" pernah disebutkan dalam sebuah cerpen karya Washington Irving yang judulnya “The Legend of Sleepy Hollow.” Disini Irving menggunakan kata "witching hour" dan "witching time" secara bergantian. Keduanya merujuk pada tengah malam dan hal ini digunakan untuk meyakinkan pembaca bahwa pada jam-jam itulah kekuatan supranatural terjadi dengan kuatnya.

Pada beberapa pementasan Shakespeare, khususnya Macbeth dan Julius Caesar, hantu-hantu dan fenomena supranatural menempati waktu sekitar tengah malam. Meski tidak disebutkan "witching hour," tapi ada kata "witching" dalam dialog Hamlet.

Saya pernah menonton film The Exorcism of Emily Rose buatan tahun 2005. Lumayan seram itu filmnya, apalagi kalau nonton sendiri, sob. Eh ternyata, di film itu menyebutkan bahwa menurut tradisi Katholik Roma, "witching hour" terjadi pada jam 3 pagi. Alasannya adalah karena pada jam itulah iblis menghina Tuhan. Berkebalikan dengan jam 3 siang menjelang sore, yaitu pada saat Yesus berkata "Bapa, kedalam tanganMu Kuserahkan nyawaKu" dan mati.

Adegan dalam film The Exorcism of Emily Rose (2005)

Jam 3 Pagi Menurut Kepercayaan Wicca
Dalam kepercayaan Wicca, yaitu kepercayaan asli suku Indian. Jam 3 pagi adalah saat penting karena pada jam itulah terjadi "Threefold Law" oleh Triple Goddess. Semacam karma bagi kepercayaan di India, entah karma baik atau jahat terjadi pada jam 3 pagi. Dengan kata lain, pada jam 3 ini karma baik ‘bertransaksi’ menjadi karma baik, dan sebaliknya yang jahat juga mendapat yang jahat.

Triple Goddess (Tiga Dewi) dalam kepercayaan Wicca dan Pagan.
Witching Hour Pada Abad Pertengahan
Pada abad pertengahan "witching hour" dipercaya menjadi waktu saat para penyihir keluar dan melakukan praktek sihirnya. Umumnya waktu yang dimaksud adalah saat setelah tengah malam. Para perempuan yang kedapatan keluar malam bisa menjadi tumbal kalau mereka tidak punya alasan kuat untuk keluar malam. Di beberapa negara bahkan terdapat larangan keluar rumah saat hari gelap.


Witch Hour dan Hour of the Wolf
Nggak cuman hantu dan penyihir aja yang ‘menikmati’ jam iblis ini, ternyata binatang-binatang malam seperti serigala atau burung hantu juga menampakkan kekuatannya pada saat jam iblis ini berlangsung. Dalam buku tentang ilmu hantu alias demonology disebutkan bahwa jam sihir terjadi mulai pukul 3 pagi.

Pada kepercayaan rakyat Swedia dan Finlandia ada yang namanya "hour of the wolf" atau diterjemahkan menjadi jam serigala. Perlu diketahui bahwa serigala memiliki peran penting dalam praktek perdukunan Skandinavia. Serigala serta jam serigala-nya punya hubungan istimewa dengan volvas (dukun/shaman wanita)

Salah Satu Adegan di film Vargtimmen – Hour of the Wolf (1968)
Disebutkan Pada film yang disutradarai oleh Ingmar Bergman ini
bahwa The Hour of the Wolf adalah jam dimana kebanyakan orang mati.

Di Belanda, jam serigala adalah saat sepanjang malam menjelang fajar. Dengan kata lain pada pukul 3 pagi sampai jam 4. "The hour of the wolf" atau jam serigala itu disebut dengan vargtimmen di Belanda. Di Amerika utara, tepatnya di bagian pinggiran timur Cayote. Suara auman serigala seringkali terdengar pada saat menjelang fajar.

Analisa-analisaan Misteri Jam 3 Pagi
Baiklah, itu semua diatas yang saya dapatkan dari berbagai sumber di internet. Sebenarnya saya juga mencari-cari tentang misteri jam 3 pagi khususnya bagi masyarakat dan budaya kita. Dan ternyata nggak berhasil. Kalaupun ada juga nggak memuaskan, malahan nggak nyambung. Atau mungkin sayanya aja yang lagi males putar otak.

Analisa Pertama - Pikiran
Lantas saya berpikir, kenapa jam 3 pagi bisa dipercaya sebagai jam setan, jam serigala, jam penyihir, jam hantu/iblis, dll? Lalu kenapa orang berburu hantu pada malam hari? Apa benar hantu takut pada siang hari? Lalu kenapa banyak tersiar kabar bahwa jika ingin menelung, menyantet atau guna-gunain orang itu paling manjur dilakukan pada waktu menjelang subuh? Jujur saja saya nggak bisa menjawab dengan kacamata seorang paranormal – karena saya memang bukan paranormal.

Tapi menurut saya, itu semua tergantung dari persepsi kita. Sebagai contoh, jam berapakah orang sarapan pagi? Maka jawabannya berkisar pada jam 6, 7, atau 8. Pertanyaannya, kenapa harus jam segitu sarapanya? Dan lagi – cukup aneh juga, kenapa jika kita melewati jam 3 pagi akan terasa lama ya? Kenapa tidak seperti kalau saya sedang kencan sama cewek cantik, kan bakalan krasa cepet tuh? Yahh, lagi-lagi karena persepsi atau mind-set seseorang.

Well, jika jam 3 pagi dihubungkan dengan kematian Yesus maka alasan tersebut sebenarnya kurang mendasar. Karena tentang jam berapa tepatnya Yesus mati dan jam berapa tepatnya Yesus dihina iblis, sebenarnya masih diperdebatkan. Masih ada kemungkinan perbedaan perhitungan waktu saat itu dan kini.

Dan kini mungkin saya baru tersadar, kenapa yah di film-film horror kebanyakan settingnya malam hari? Yang pernah saya liat malah kayaknya semuanya malam deh. Terus itu, tayangan-tayangan setan hantu-hantuan, atau pemburu hantu, dan sebagainya kenapa setingnya malam sekaligus ditayanginnya juga malam hari? Orang yang pergi berdukun apakah harus malam hari? Babi ngepet, pesugihan lain-lain dan santet kenapa juga malam hari? Jangan tanya saya, saya nggak ngerti. Hahahaa

Tapi the point is, kita sudah melihat televisi, film, novel horor, cerita, drama dan sebagainya disetting malam hari. Entah ada apa dengan malam hari. Masa hantu takut sama siang? Yakin luu? 
Sekali lagi, yakin hantu cuma keluar di malam hari? 

Nah, apa nggak sebenernya bayangan-bayangan, dan mind-set kita sendirilah yang berkata: malam hari (jam 3 pagi) adalah waktunya setan/hantu/sihir dan seterusnya itulah yang membuat kita ‘memisterikan’ malam termasuk jam 3 pagi. Dan mungkiiin, mungkin nih.. karena para hantu dan demit itu udah tau manusia takut sama malam jadinya merekapun menampakan diri pada malam hari. Simpel aja, biar manusianya semakin takut dan film horror laris (apalagi ditambah artis bahenol). :D Waaa, makin laris tu film. Lantas para hantu dapet royalty deh. Haha

Mungkin sobat dan bahkan saya sendiri kecewa dengan beberapa bait tulisan saya diatas. Sebenarnya saya bukannya anti, menyangkal, membantah, skeptis, sinis atau malahan amis. Saya-pun bukan termasuk orang yang hobi bersembunyi dibalik paradigma positive-thinking (only). Tetapi bagi saya jam 3 pagi itu masihlah misterius. Saat semua orang tertidur pulas, saat binatang-binatang malam mengaum dan bahkan mungkin bola api santet melayang di udara. 

Dan itulah kenyataannya, malam hari (termasuk jam 3 pagi) bagi pandangan sebagian besar manusia adalah lebih menakutkan dibanding siang hari. Kayaknya malahan hampir nggak mungkin mengubah seluruh pandangan semua orang menjadi kebalikannya: Kerja malam hari, tidur siang hari. Setan keluar siang hari dan malam itu nggak lagi menakutkan. Gimana, aneh kan? Tapi keren juga kayaknya tuh. Hehee


Analisa Kedua - Spiritual
Kali ini saya coba rangkum dari beberapa komentar pembaca, baik yang dari kolom komentar maupun komentar langsung. Sementara, sebagian besar komentar berasal dari kacamata Abrahamik/Samawi. Kalo pangen tau apa itu agama ato kepercayaan Abrahamik/Samawi silakan klik sini untuk tulisan dari wikipedia indonesia.

Menurutnya, jam 3 pagi adalah jam paling mustajab untuk berdoa. Pada saat itulah cara setan mengganggu orang-orang yang pada kebangun ato dibangunin oleh Tuhannya untuk menghadap. Ada sebuah komentar tapi sayangnya anonim, berkomentar bahwa jam 3 pagi adalah titik golden rasio yaitu waktu pertemuan antara Tuhan dan Mahluknya. Dalam 24 jam, jam 3 pagi itulah titik Firqu Point. Maka dari itu mengapa bagi Muslimin disarankan untuk bangun menghadap Tuhannya jam segitu untuk qiyamul lail. 

Ada lagi sebuah komentar yang menyadur video perbincangan dari Jhon Pipper "have you exorcized demon". Untuk melihat videonya silakan klik disiniKebangun jam 3 pagi waktu terdekat mausia dengan Tuhan dan manusia diminta datang untuk menyembah Tuhan. Itulah kenapa orang Kristen itu saat teduhnya jam 2-3 pagi karena itulah waktu dimana sorga terbuka.

Jadi pandangan spiritual dari kepercayaan ini jam 3 pagi adalah waktu paling efektif bagi manusia untuk menghadap Tuhannya. Pada waktu ini juga setan-setan atau kuasa kegelapan sedang kenceng-kencengnya ngeganggu dengan berbagai cara biar manusia ngga dateng nyembah Tuhannya. Cara-cara setan itu antara lain males, dibikin takut, dibikin bengong lalu ngantuk lagi, atau malah dibikin horny. Nah lo enak kan godaannya. Hehe

Kesimpulan
Secara pribadi saya setuju dengan analisa kedua, bahwa jam 3 pagi adalah waktu paling efektif sekaligus krusial buat manusia menghadap Tuhannya. Tetapi saya belum pengen nyimpulin tulisan ini. Saya masih pengen tau apa yang terjadi dengan jam 3 pagi dari sudut pandang yang berbeda. Tulisan ini masih sangat terbuka untuk feedback dari kacamata kepercayaan atau budaya lain khususnya yang belum tertulis disini.

Secara berkala, nanti kalo udah ada masukan baru bakal saya update lagi tulisan saya ini. Maaf kalo tulisannya masih acak-acakan tapi semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat buat kita semua deh ya.(ez) ezon7.blogspot.com

Salam misteringus!


Sources:
en.wikipedia.org
id.wikipedia.org
creepypasta.wikia.com
ask.metafilter.com
answers.yahoo.com
michigansotherside.com
yourghoststories.com
psychic-experiences.com

=======


Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis
UPDATE UPDATE UPDATE KOMENTAR!!! – MARET 2017
Ahay teman-teman pembaca sekalian. Ternyata makin ramai aja komentar yang aneh dan serem-serem nih ya. Terimakasih buat para pembaca yang sudah mampir ke blog ini dan menyempatkan diri mengirim komentar. Masih saya harapkan komentar pembaca di kolom komentar bawah ini. Sangat terbuka untuk pandangan-pandangan lain, pengalaman, cerita-cerita yang berhubungan dengan jam 3 pagi. Karena makin rame aja, saya juga merasa harus memelihara tulisan ini deh. Salah satunya update tulisan dari komentar pembaca. Iyalah, top result coyy!! Udah 2 juta pageviews pula.
*biar jelek nyombong dikit ah hehe

Banjir Pembaca dan Komentar
Nanti, coba deh baca aja komentar-komentar di bawah. Ada yang kebangun doang, ada yang ngeliat bayangan, ada yang sakit, ada juga yang sampai ngeliat hantu coy! Ihh serem kan? Emang bener krusial kali ya ini waktu. Ada apa sih sebenernya? Ada info tambahan? Hell yeah, ini dia updatenya. Semoga memuaskan rasa penasaran kalian ya.

Dari Sebuah Obrolan di WA
Update kali ini berupa komentar dari postingan jam 3 pagi ini. Hampir mirip sama beberapa komentar di kolom bawah, cuma sepertinya yang ini lebih detail. Obrolan yang seru via WA itupun berlangsung cukup mencekam. Biar mempermudah, kita sebut saja komentator ini Miss X (bukan nama sebenarnya). Dan inilah transkrip chat yang terjadi dengan pengeditan seperlunya. Boleh percaya – boleh ngga, ini tanggapan atau komentar pembaca lain dari tulisan opini lepas tentang tema saya ini ya. Selamat menyimak.

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis
Ket:
(-) Miss X
(+) Saya (dengan panggilan Nes)

-: Menurutmu manusia setelah mati tinggal dmn?
-: Ini ada hubungannya
-: Knp aku tanya

+: Dikuburan lah

-: Rada krusial sm jam 3 pagi deg2an kl udh ngomongin jam 3 pagi
-: Ngga nes dia tinggal d tmpt dia
-: D rmh terakhirnya dia pulang
-: Ahh serem nes
-: Aku ngga ngomong dr sisi agama non samawi ya
-: Agama samawi ajah
-: Sbnrya jam 3 pagi itu waktunya malaikat turun dr sorga
-: Itu waktu dmn jarak bumi dan sorga sangat dekat
-: Itu kenapa kl muslim tahajud itu efektif jam 2-3 pagi
-: Trs knp kl kristen itu saat teduhnya jam 2-3 pagi krn wkt itulah dmn sorga terbuka
-: Terus d situ jg iblis bekerja lbh giat
-: Utk mencari siapa yg mau ikut k dia
-: Jam2 tersebut jadi krusial utk manusia berdoa dan banyak godaannya
-: Terus jam 3 pagi roh2 orang yg udah mati
-: Menyerap energi utk bs bertransformasi d lihat oleh mata manusia
-: Sbnrnya kl soal roh yg udh mati itu mrk ada d tmpt dia terakhir berada
-: Jd tmpt manusia yg d tempati ya manusua tinggal dg roh2 orang yg udh meninggal

+: Trus hubungannya apa dong sama yg suka kebangun jam 3?

-: Kotbahnya jhon pipper "have you exorcized demon"
-: Bukan kotbah deh tanya jwb 7 mnt doang
-: Kebangun jam 3 pagi waktu terdekat mausia dg Tuhan
-: Manusia dmnt utk menyembah Tuhan
-: Tp itu jg wkt terkuat dr iblis utk manusia ngga bangun dan males
-: Ada yg bangun tp cuman diem2 ngelamun tp ngga ngapa2in sampe sls
-: Ya itu nes d minta dtg
-: Ngga tau ya coba perhatiin selama kamu ngga pernah dtg berdoa pst d bangunin trs
-: Jelasinnya gmn ya

-: Saat aku punya masalah yg berat alaramku d bangunin jam 12 jam 1 kl ngga jam 2
-: Itu kebangun otomatis
-: Ngga segampang aku ngomong bangun langsung berdoa
-: Kadang bebel cuman melek2 doang
-: Itu keualang2 terus
-: Aku yg msh melek km mah udh tdr
-: Dan kl mau d bangunin jam 12 misalnya jam 11an pst ngga ada angin ngga ada apa ketiduran

-: Percaya ngga percaya saat d bangunin sbnrnya saat Tuhan mau ksh pertolongan kekuatan dan lainnya
-: Coba deh kl penasaran banyak kok yg nulis ttg jam 3 pagi wkt terdekat manusia dg Tuhan
-: Ehh udh deh
-: Tp ngga kompeten kl bahas d luar agama samawi
-: #aku yg kompeten

+: Udah??
+: Salah ya berati aku nih?
+: Musti update ga yaa

-: Ngga salah sih
-: Itukan opini lepas
-: Eh trus trus aku kok keinget jam 3 pagi detoksifikasi tubuh manusia itu knp jam2 sgt scr jam biologi d suruh tdr krn kondisi tubuh sedang lemah


Udah abis.

Eh Jangan Bengong Aja – Komen Dong
Masih saya tunggu untuk komentar, tanggapan dan cerita-cerita dari pembaca sekalian terutama yang mengalami hal serupa. Ramein ya ramein. Hehe. Barangkali ntar bakal ada orang-orang pinter yang mau neliti topik ini secara ilmiah.

Tapi tentu saja komen yang masuk lewat moderasi dulu ya teman-teman. Jadi yang mau nyepam mbah togel, komen saru, hoax apalagi link begituan nggak akan saya tampilin (buat saya sendiri aja yg begituannya. Ehh hahaha). Tapi kalo yang mau komen sekalian promoin blog atau dagangan halal malah masih mungkin saya tampilin deh.

Penutup – Kalau Saya ...
Kadang sampai sekarang saya masih kebangun di jam-jam 3 an pagi. Dan bener juga si hantu bermacam rupa sering ngegodain. Mulai dari bayangan sampai suara-suara aneh. Beruntungnya, saya ngga dikasih liat wujud mereka. Hehe

Takut juga sih.Entah itu memang roh-roh jahat yang ngegangguin atau cuma pikiran saya aja. Tapi emang bener terkadang saya takut. Apalagi sekarang saya tinggal dalem tenda di kebon belakang. Tidur juga di tanah beralaskan tiker. Minim penerangan dan banyak pohonan, di bagian belakang cuma ada sawah doang. Dan tentu aja sendirian. Ngga ada yang bisa diajak ngobrol juga. Serem deh pokoknya.

Udah udah. Minum aer putih, pipis, berdoa lalu tidur lagi gih sono pada ya.
Salam jam 3 pagi

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis
Share this article :
 
Comments
77 Comments

+ comments + 77 comments

Anonymous
July 10, 2014 at 9:19 PM

Lol

Anonymous
December 18, 2014 at 6:06 AM

Actually no matter if someonee doesn't understand after
that its up to other people that they will help,
so here it happens.

Here is my blog post ... psychic Reviews

April 24, 2015 at 10:12 AM

jam jam segitu banyak yang masih terlelap tapi bagiku jam jam segitu mustajapnya untuk berdoa

April 26, 2015 at 10:22 AM

@Anonymous Thanks for visiting. Okiie, I'll visit your blog soon!

Anonymous
May 12, 2015 at 8:16 AM

mind set ku jam 3 pagi itu waktu pulang kerumah krna kalo di luar terasa jam nya berjalan agak lama

Anonymous
June 1, 2015 at 7:53 PM

Cara setan untuk bikin manusia percaya dan akhirnya gak berani bangun untuk shalat tahajud padahal jam segitu waktu yg mustajab buat berdoa.

July 18, 2015 at 10:17 AM

@lanjarwijaya Iya sob mustajib eh mustajab juga tuh

July 18, 2015 at 10:17 AM

@Anonymous Nah kan.. setan kan..

August 2, 2015 at 4:21 AM

Gua akhir-akhir ini kebangun sekitar jam 3an terus dan juga dapat mimpi-mimpi buruk jam sgtuan... Coba-coba buka google ketemu blog critain kayak gini... Jadi horror...

September 25, 2015 at 2:03 PM

Senasib nih sama didi

October 20, 2015 at 3:06 AM

may be kalau kita tetep terjaga di jam 3 kita bakal terbebas dr hal" guna" dan lain" krna kondisi kita fit..
aku udh 3 hr ini kebangung di jam 3 kurang 10 menit... menakutkan sih, tp ya skali lagi positif thingking..
hehehhee good luck all..
selamat bedagang penulis, kayak nya kita samaan.. suka bgadang juga 😝

October 20, 2015 at 6:49 AM

@Excellent Star Kalo sy sih udah agak sembuh nih bangun jam 3 nya. Paling kalo diitung" cuma sekali dalam seminggu. Soalnya siang udah capek ini itu jadi tidur malamnya ngorok maksimal deh. hehehe. Makasih kunjungannya sob

November 14, 2015 at 3:49 AM

Kbngun gr2 alarm bunyi pas lht hp kok jam 3 pagi...pdhl gak pernah setting jam 3 pagi. Kyk nya dsuruh berdoa ..😊

December 28, 2015 at 5:50 PM

Sy udh 5 hari ini terbangun jam 3 teng always..itu kenapa yah ? Yg ane baca di blog ini blom bs ksh jawaban juga..hehehe

January 29, 2016 at 3:37 PM

@Prita Puspa Nahh ini dia. Bisa jadi bermanfaat tuh kebangunnya deh hehe

January 30, 2016 at 1:15 PM

Mungkin alarmnya distel keras pas jam 3 itu om. Jadinya bangun deh. Hehehe

May 9, 2016 at 4:25 AM

Mengapa jam 3 Pagi ? KARNA jam 3 pagi itu adalah TITIK GOLDEN RASIO waktu pertemuan antara Tuhan dan Mahluknya. Dalam 24 jam. Jam 3 pagi itulah titik Firqu Point. Maka dari itu mengapa bagi muslimin disarankan untuk bangun menghadap tuhannya jam segitu untuk qiyamul lail.

Anonymous
May 16, 2016 at 3:27 AM

3 bulan terbangun jam 2.50 atau jam 3 kurang 10 menit. Saya melihat jam dan mendengar\melihat keadaan sekitar, bahkan suara angin pun tak ada tetapi saya merasakan ada yg memperhatikan saya. Berdoa pun tak menjadi solusi selama ini sampai saya mencoba hal berikut, peringatan saja jg lakukan hal ini jika anda penakut. Buatlah kopi hitam tanpa menggunakan gula dan taruh di dekat anda, minum kopi itu setelah jam 3 lewat lalu taruh bunga melati di dalam gelas berisi air. Pertama kopi hitam akan mejadi hambar/tidak ada rasa pahit sama sekali dan bunga melati akan menjadi busuk di dalam gelas berisi air itu adalah tanda ada sesuatu yg memang sedang bersama anda. Saya tidak takut tetapi ini sama saja anda mengundang atau menyadari ada sesuatu bersama anda, setelah kejadian ini saya tidak mengulanginya lagi karna bagi saya sudah cukup alasan knp saya selalu terbangun. Ada sesuatu yg ingin anda menyadarinya tetapi abaikan saja kedepannya karna tidak baik mengundang sesuatu yg diluar kemampuan anda.

May 31, 2016 at 7:01 AM

Sama saya jugu, gini ya saya itu semenjak gak ada aktifitas saya sering begadang apa lagi di rumah sayakan ada wi-fi jadi buat waktu tenggah malam itu nonton film atau buka youtube main game lama-lama bosan juga, terus saya pikir untuk merubah jadwal tidur saya, biasanya kalau begadang saya tidurnya jam 6 pagi jam 7 jam 8 gak nentu yg pasti udah terang aja, terus klu bangun jam 4 sore 5 sore, jam 7 saya keluar tu ngumpul sama teman di warung,nah waktu ngumpul itu mata rasanya berat pengen tidur tapi saya tahan, pulang kerumah jam 11 lewat terus jam 12 lewat saya tidur eh bangunnya jam 3 malam itu yg pertama sudah 3 hari ini sama tadi pun saya banggun jam 3, tapi klu mau lanjut tidur itu susah sampai dikatakan mustahil untuk lanjut tidur karna rasa bangunnya itu kaya udah tidur 8,9 jam gitu loh, dan tadi saya sambil makan mikir kok bangunnya jam 3 terus ya jadi binggung terus saya buat di google baru buat bangun aja eh udah keluar aja bangun tidur jam 3 hahahaha bisa kebetulan gitu, tapi ya intinya saya gak ada merasa ada hantu di kamar saya TAPi mimpi saya tidur itu loh selama 3 hari ini yg buat saya bangun jam 3 itu mimpinya kacau gak jelas gitu dan itu mirip sama mimpi yg kemarin juga, yg jelas sih saya mau stop begadang dulu deh hari ini saya tidak mau tidur jam 7 jam 8 mau jam 9 saya akan tidur jam 12 nanti saya mau tes banggun jam 3 lagi gak, oke sekian dari saya ☺

May 31, 2016 at 7:05 AM

Eow

June 9, 2016 at 12:18 AM

@Unknown Sama Mario Golden Ways sepupuan kali ya? hihi

June 9, 2016 at 12:21 AM

@Anonymous Weiss ngeri juga tuh kopinya. Di meja deket tempat tidur saya sih biasanya buat naroh gelas kopi tuh. Ada bunga plastik juga pemberian cewek cantik sedunia. Jadi mau hambar ato asin mah tetep aja bikin senyum-senyum sendiri. Bunganya juga udah bertahun-tahun gak layu-layu nih. Hehehehee

June 9, 2016 at 12:26 AM

@Erik Effendi Asik banget tuh ngopi bareng teman-teman ya gan. Lantas gimana tuh hasil tesnya? Kebangun jam 3 lagi kah? Mimpinya masih kacau juga kah? Coba deh sebelum tidur bayangin yg asik2 aja biar mimpinya juga asik. Ntar paginya tinggal keramas deh. Upss Hahaha

June 9, 2016 at 9:07 PM

Kalau saya mah jam segitu lagi nyenyak-nyenyak nya tidur kang, boro-boro setan/makhluk halus/apalah itu mau nakutin saya, wong saya lg nyenyak-nyenyak nya tidur. Tp saya malah pengen bisa bangun jam segitu buat ibadah, karena di agama saya ibadah itu paling bagus 1/3 malam atau kurang lebih jam segitu. Kadang juga saya mikir, apakah kenyenyakan tidur saya ini juga kerjaannya setan ya? Agar saya tidak bisa bangun buat ibadah. Dasar lu ndro eh salah dasar lu setan hahaha

June 9, 2016 at 9:11 PM

Kalau saya mah jam segitu lagi nyenyak-nyenyak nya tidur kang, boro-boro setan/makhluk halus/apalah itu mau nakutin saya, wong saya lg nyenyak-nyenyak nya tidur. Tp saya malah pengen bisa bangun jam segitu buat ibadah, karena di agama saya ibadah itu paling bagus 1/3 malam atau kurang lebih jam segitu. Kadang juga saya mikir, apakah kenyenyakan tidur saya ini juga kerjaannya setan ya? Agar saya tidak bisa bangun buat ibadah. Dasar lu ndro eh salah dasar lu setan hahaha

Anonymous
August 21, 2016 at 2:51 PM

Saya sering terbangun jam 3 pagi.entah alasannya apa yg pasti bangun Dan bisa tidur jam 4. Awalnya sih biasa aja, Tapi beberapa hari lalu agak berbeda.. Jadi ceritanya.. Saat tertidur saya merasa ada orang lain yang naik ketempat tidur saya.. Padahal saya tidur sendiri Dan pintu dikunci. Disitu saya membuka mata Dan sempat berfikir apa benar atau hanya ilusi.. Tapi kemudian saya mendengar suara tawa pria tepat di belakang saya. Agak horror sebenarnya.. Setelah itu saya hanya bisa memejamkan mata Dan berdoa dalam hati saking takutnya.

Saya pikir ada alasan kenapa bisa bangun seperti itu.. Posisi tidur,kelelahan Dan gelisah.. Yg pasti dipengaruhi oleh mind-set kita sendiri.

Saya agak kesal sebenarnya.. Karna bangun jam 3 seolah jadi kebiasaan saat ini. Namun bedanya sekarang saya masih takut untuk melihat sekeliling kamar. Tapi half positifnya, saya justru selalu berdoa saat saat takut. Dan ini membuat saya berfikir..mungkin Tuhan sedang Rindu pada saya. Makanya saya terbangun di waktu yg sama.. Mind-set itu segalanya.. Yg saya tau pasti meskipun benar ada hal janggal seperti hantu, kita masih punya Tuhan yg pasti menjaga kita. :)

Be positive :-D

August 22, 2016 at 9:51 PM

@Anonymous Dih seremnya. Tapi saya punya trik jitu nih teman-teman. Malam ini coba deh jam kita dicepetin satu ato dua jam gitu. Gimana yaa jadinya? Hihihi

September 8, 2016 at 3:09 AM

Gila senasib smua disini, pas gua lg baca jm 3 pagi pula, lu tau yg gua rasain skrng. Njirr mrinding bnget gua skrng. Sama yg kalian rasakan. Gua itu bkanya bisa g bisa tp gua udah bawaan lahir bisa ngrasaain hal" di luar nalar kita(contoh*****) walau ngak scara lngsung . Tp bukan soal krna kebawa prasaan akhirnya takut akan hal" aneh yg mnrt kita g wajar. Trus akhirnya timbul hal"...
Gua Lbih dri sering mlahan jm3 pgi kurang pasti kbngung g jelas mski jm 1/jm2 pginya udah tdr, pasti kalo gak mimpi aneh, gelisah, n ad yg ngeliat kita(yg pasti TIDAK BERSAHABAT).
Yg pasti itu di luar rmah, ntah knp sya pengen teriak kenceng sekencengya(tanda mengusir, krna udh sring) . N gua msh blm ngerti mslah trsbt.
Rencana gua mau k orng yng bisa ngebntu msh trsebut(paranormal).
Sekian dlu, tnggu info stlah gua plng dri orng trsebut. Hehe

September 8, 2016 at 8:03 PM

@SONY ⓗ Kenapa makin serem aja ya ini postingan? Hehe.. Ditunggu ya agan Sony buat cerita selanjutnya. Bagi cerita gitu. Bikin penasaran juga nih

September 21, 2016 at 8:10 AM

Terimakasih atas artikelnya yang menarik untuk dibaca. Saya izin copy tulisannya ke official account line saya dengab menyertakan alamat blognya ya. Terima kasih banyak :)

September 21, 2016 at 8:26 AM

@Marceline Hwang Oh silahkan sist, boleh sekali. Dengan senang hati dan semoga bermanfaat ya. Makasih sudah mampir :)

wiinny
December 9, 2016 at 3:18 AM

boleh brtnya?
saya serinq banqunn jam 3 pas"an kadanq lewat 15mnt
hampir 2minqqu beqitu terus, maksudnya apa y
terasa tdr dh full juqa dan nqx qantuk sma skli smpai paqi

December 9, 2016 at 5:57 PM

Boleh dong
Wah berati nambah lagi nih yg ngrasain misteriusnya jam 3 pagi.
Winny udah ngecek celana belom tuh? Kali aja pipis jadi kebangun jam segitu tuh. Hihihii
Makasih udah mampir dan komen ya

January 11, 2017 at 1:16 AM

Trimakasih utk infon nya, di keluarga saya lbh aneh. Suami sakit awal nya keluhan mata lelah lama2 jd memerah dan serasa ada benjolan dan bakalan kebangun setiap jam 3 krn disitu sakitnya makin menjdi jadi.. Kita percaya diagnosis dokter tpi makin keai ni nya jd meragu kok setiap jam 3 yah...

Anonymous
March 18, 2017 at 10:50 AM

nih bro ane bangun karna alarm tadi malem pas jam 3, ane gk niat buat matiin alarm tiba tiba ada suara langkah kaki bro, ane kira ibu ane eh ternyata yang masuk kamar ane itu bukan manusia bro wujudnya atasnya kyk jubah putih dari leher sampe bawah kyk jubah hitam bro , trus dengan enjoy nya dia jalan n berdiri dbawah kaki ane bro, ane mencoba melihat lagi ternyata wujudnya tinggi n besar bro, setelah agak lama serasa mau diambil nyawanya,, ane melek lagi itu makhluk udah ilang bro, trus ane matiin alarm n masuk slimut, setelah agak tenang baru ane wudu trus solat malem,,

March 18, 2017 at 2:23 PM

@Ahasya Debora Tobing Aneh sekali ya kak. Apakah setiap kali jam 3 suami kebangun? Semoga suami lekas sembuh ya kak

March 18, 2017 at 2:25 PM

@Anonymous Wuih serem bener bro itu pengalamannya. Gara-gara alarmnya ngga dimatiin kali sih tuh. Si hantu kupingnya jadi pengeng deh trus nyuruh matiin. "Woyy brisik woyy!!" Hehe.
Makasih udah bagi pengalamannya bro

Anonymous
March 22, 2017 at 10:10 PM

Gini bang, gw punya abang yg baru 2 hari ini klo bangun selalu tengah mlm, dan kmrn pisan dia bangun trs cek hp bntr lalu dengar musik smbil buka laptop gitu, dan dia pas mau tidur lagi dia susah bgt bisa tidur, biasa nya dia org yg paling gampang tidur, contohnya klo lg duduk/berdiri bisa tidur? Jarang2 kan org bisa gitu oke lnjut cerita.. Dan pas dia mau tidur di posisi lurus (menghadap pintu kamar) dia ga bisa tidur, dikit2 garuk2 pokoknya gelisah gitu bang dan dia pindah posisi menyamping ke arah jam 9 dia bisa deh tidur.. Kira2 ada apa yah waktu dia tidur di posisi menghadap pintu ???

Sekian

March 26, 2017 at 9:56 PM

@Anonymous Waduh ini susah bener nih jawabnya. Pertama karena tenda tempat saya tidur ngga ada pintungya. Kedua, saya bukan dukun euy. Hehehe. Ada yang bisa bantu jawab?

April 9, 2017 at 6:25 PM

Duuh baru mau searching alasan kenapa selalu tebangun jam segitu, langsung nemu ini. Gimana yaa. Udah beberapa hari ini aku kebangun mulu jam 3, aku nggaktau ini kenapa bisa cepat kali bangun, biasanya aku bangun harus dibanguni dulu, kalo jam 3 ini aku bangun tanpa ada yang banguni dan langsung dengar suara burung. Duuuh aku langsung merinding kan, abis suara burung aku dengar suara perempuan hela nafas gitu di kamar mandi, aku kira nyokap lagi wudhu trnyata bukan
Rasanya ada yang liatinn mulu gitu suara suara muncul terus ditambah kayak ada yang bakar sampah. Dan aku sering banget mimpi buruk yang terus bersambung kalo aku nyoba tidur di jam 3 ini
Sumpah ku kira aku udah gila, ternyata banyak banget yang punya pengalaman. Setelah jam 4 aku baru berani buka pintu kamar karena jam 4 nyokap ibadah. Huhuuuu

April 9, 2017 at 7:44 PM

@Amal Hayati Waw nambah lagi nih cerita seremnya. Apalagi yg suara perempuan itu tuh. Ngga ditawarin permen pelega tenggorokan aja kak? Kali aja lagi sesek napas tuh perempuan jadi ngehela napas mulu. Hehee.
Soal diliatin, bilang aja "ngapain lu liat liat?! Culek juga nih!" Bgitu coba deh kak. Hohoho
Dipakai buat berdoa atau meditasi aja kak kalo nanti kebangun lagi. Semoga bermanfaat dan thanks for comment. Salam

April 11, 2017 at 9:48 PM

Saya malah susah mau bangun jam 3 pagi. Kenapa ya? Metabolisme tubuh tiap orang beda2 kali ya.

Anw nemu blog ini di Kaskus. Keren!

April 18, 2017 at 4:29 AM

Gw search suara burung kuk kuk sesekali dijam 3 pagi nemuin ni tulisan...
Gw baru pulang ngajian orang orang NU ..
Pulang kerumah pas jam 3 bunyi suara kukk kukkk ... Merinding..
Fyi gw baru aja ngebahas sama salah satu santri pak kyai yg dulunya suka nangkep ms.kun ..(beliau sekarang megang pasar radar auri) jagoan insaf gitulah... Huhuuhuuu tapi gw yakin mereka makhluk metafisika sebenernya hanya iri terhadap kenikmatan kita karena kita bisa makan indomie ditengah malam... Thx tulisannya ...

Anonymous
May 9, 2017 at 8:12 AM

Sebelumnya sy selalu bangun pkl 05 pagi atau kurang. Tapi beberapa minggu lalu bermimpi sy berdoa, lalu sy terbangun, lihat jam pkl 3 kurang lalu saya ke kamar kecil dan setlh itu kembali tidur... esok harinya saya bermimpi yg sama, di jam yg hampir sama dan respon saya tetap sama. Siang harinya sy merenungkan mimpi saya.. sprtinya Tuhan yg membangunkan... esok harinya tanpa alarm saya terbangun di pkl 2. Niat saya berdoa tp rasa malas mengganggu saya tp saya harus berdoa. Tp saat saya berdoa tangan sy merinding sprti ada yg mengganggu saya tp doa ttp sy lanjutkan... saya ttp merasakan ada roh lain menakuti sy. Saya bernyanyi menyembah dan berdoa... lebih lama sampai rasa takut hilang lalu saya selesai. Doa itu seperti sampai ke tempat yg maha kudus... rasanya begituuu dekat dengan yg Maha Kudus... dan saya rindu berdoa sprti itu setiap mau tidur tp iblis selalu mencobai saya utk malas. Tp saya sampai hari ini ttp bangun dan melawan kemalasan. Hari2 pasti akan berlalu , bumi akan binasa tp sy tidak mau binasa dan ingin nama saya ada dalam kitab kehidupan. Berdoa lah selagi msh ada kesempatan.

May 15, 2017 at 4:44 AM

Pantesan .. malam tadi gue tidur sama cewe gue dan kebetulan posisi menghadap jendela kamar , gw pada saat itu harus bangun jam 4 pagi karena kerja shift pagi
Dan disaat gw tidur nyenyak , tiba tiba ane buka mata dan ngeliat sosok ( siluet ) pacar ane berdiri di sudut kamar dekat jendela dan bilang ke ane " heh "
Seolah2 marahin ane karena ane telat bangun
Gw cmn bengong , dan gw liat kanan gw yaitu pacar gw masih tidur dengan posisi sama pas gue sebelum merem
Dan pas gue liat lagi siluet tadi , dia langsung menghilang ( persis kayak di film .. menghilangnya itu kayak penampakan2 di tv , agak redup2 trus ilang )
Sontak ane liat jam , dan bener kayak blog ini bilang
Disitu jam 03:01
Jujur ini pertama gw liat beginian tp gw ga mau takut karena semakin takut semakin muncul , gw lgsg baca doa dan berusaha ga inget2 itu lagi
Hehehe pengalaman menarik

May 18, 2017 at 9:26 AM

@igniel.com Eh masa sih ada di kaskus? Padahal sy cuma nulis di blog ini deh perasaan

May 18, 2017 at 9:29 AM

@Faishal Rizal Hehe lucu juga itu hantunya ngiri sama indomie. Kasih deh udah, kasian kelaperan kali mereka tuh

May 18, 2017 at 9:31 AM

@Anonymous Wah bagus banget itu kalo dibuat berdoa. Kalo saya kebangun jam segitu sih malah ngelamun bengong hehee

May 18, 2017 at 9:35 AM

@Anonymous Widih serem nih ada hantu siluet. Tapi asik bener nih ya tidur sama pacar. Jadi pengen... hahaha

Anonymous
July 5, 2017 at 10:45 AM

Sy beberapa kali tuh bangun dekat2 jam 3 apa jam 3an. Biasanya sih lalu baca2aoa balik tidur. Ya udah deh besok2 klo terbangun mestinya doa nih.😊

July 16, 2017 at 1:03 PM

Hi, thanks for your visit. I'm trying to collect more information from another sources and background. Thanks for your suggest. I'm appreciate it

July 17, 2017 at 9:08 PM

Hi there, thanks for visit and the question. I'm using blogspot with customized free template.
This just very simple i think. For the template, you can check at the bottom of my page. I don't remove it for the credit to the maker. I love this template tho.
Have a nice blogging

August 1, 2017 at 9:56 PM

Kejadiannya baru smlm... sy kebangun jam 3 pagi lalu tahajud... ketika takbir pertama sy dneger suara cw nangis sampai r0akaat kedua masih dnger jg tp pas abis shlt suara itu ilang gt aja & sy lgsg ke kamar nyokap

Anonymous
August 1, 2017 at 10:00 PM

Kejadiannya baru smlm. Sy kebangun jam 3 pagi lalu tahajud. Dr takbir pertama sy dnger perempuan nangis sampai rakaat ke dua...setel0ah salam suara itu udh ilang... hiii

August 10, 2017 at 3:18 AM

Beberapa hari ini gw kebangun jam 3 mulu nih bro. Kaga ada cerita seremnya kek yg laen seh.. Cuman baper doang keinget mantan sampe pagi euy

August 10, 2017 at 9:06 AM

Samaan dong bro.
Uppss hahaha

August 13, 2017 at 9:33 PM

Menurut aku sih ya dari yang pernah aku baca baca justru jam jam dimana para makhluk goib itu muncul setelah azan subuh & sekitaran jam 1-4 itu bukan..dan pada saat jam itu juga waktu yang paling pas buat berdoa & memohon sesuatu alhamdulillah waktu itu aku 2 malam solat tahajud walaupun takut ya tetep di paksain alhasil 1 minggu kemudian bener bener terwujud permohonan aku di hari yang sama pada waktu malam pertama solat tahajud dibarengin dengan solat dhuha 4 rokaat

August 13, 2017 at 9:35 PM

Yapp alhamdulillah waktu itu juga aku 2 malam solat tahajud & minta sesuatu & seminggu kemudian keinginan itu terwujud di hari yang sama ketika malam pertama solat tahajud

August 13, 2017 at 9:37 PM

Wah trims untuk masukannya ya

August 13, 2017 at 9:39 PM

Widihh ngeri nih pengalamannya sis. Kira2 kenapa ya itu cewek nangis? Jangan jangaann...

August 18, 2017 at 10:21 PM

Kalau saya jam 1/3 pagi bangun udah jd rutinitas untuk berdoa dan bersujud .
Prasangka baik aja ..krn apa yg terjadi bagian dari apa yg kita pikirkan

yad
September 27, 2017 at 3:01 AM

Smg dibaca y gan. Gw sih orgx gk pemberani tp jg gk terlalu takut. Udah 2x ngeliat hantu. Dan udh lama gk pernh merasakn makhluk halus. Gw tertarik dg jam 3 pagi. Sy punya kucing usia 1th. Itu hewan kesayangan. Suatu ketika kucing sy kalah tarung n kakinya luka digigit. Sejak itu, saya jarang tidur mlm. Sy menjaga kucing sampe ia tidur. Klo ia tdur, baru hati sy lega n sy pasti tidur. Tiap malam sy kliling2 pekarangan rumah. Takut kucing sy berantem lg. Lokasi rumah sy banyak kuburan dan tegal. Tp sy gk terlalu takut. Demi kucing gk berantem. Td mlm sambil jaga kucing, sy maen laptop. Tiba2 jam 3 listrik padam. Sy liat jauh punya tetangga hidup. Lalu sy kluar untuk hidupin listrik. Ceklak ceklik si saklar gk mau ke posisi 1. Hampir 5 menit baru bs. Biasanya sekali klik lgsung hidup. Dlm 5 menit itu sy ketakutan, bau melati yg sangat harum. N sy yakin ada makhluk halus yg ingin menampakkan. Sampe skrg sy masih inget n takut klo jam 3 pagi. Sampe sy cari di google n ketemu blog ini. Demi allah jam 3 pagi yg kemaren2 sy gk takut. Tp skrg merinding.

October 13, 2017 at 9:43 PM

Kok kejadiannya sama yah, sama yg saya alami baru2 ini, sakit mata, merah dan sudah berobat ke dokter, dan sdh membaik, aneh nya setiap jam 3 pagi mata tiba2 ga enak n harus bangun pake obat, tapi bingung knp harus jam 3 pagi ya

October 14, 2017 at 8:58 PM

Sudah lama saya tau trntang fibonacci dan golden ratio, tanpa sengaja akhir akhir ini saya sedikit ingin menganalisa lagi tentang ratio emas, ini sampai akhirnya saya jam 3:10 pagi, dah keluarlah tulisan ini di pageone. Sekarang saya tambah yakin. Jika penulis ingin berdiskusi silakan kirin email kesaya, kenapa golden ratio hari itu jatuh pada jam 3 pagi

October 14, 2017 at 9:00 PM

Sudah lama saya tau trntang fibonacci dan golden ratio, tanpa sengaja akhir akhir ini saya sedikit ingin menganalisa lagi tentang ratio emas, ini sampai akhirnya saya jam 3:10 pagi, dah keluarlah tulisan ini di pageone. Sekarang saya tambah yakin. Jika penulis ingin berdiskusi silakan kirin email kesaya, kenapa golden ratio hari itu jatuh pada jam 3 pagi

October 18, 2017 at 6:57 AM

Dulu sih aku sama saudaraku iseng nyisir rambut dlm keadaan gelap didepan kaca. Nah abis itu ad yg duduk di kursi semacam kuntilanak gitu tapi rambutnya pendek, baju nya putih bersih. Cuman ngeliatin aja, alhasil saya sama saudara saya lari ke kamar om saya. Abis dinyalain lampunya lgsg ngilang πŸ˜…. Trus sering si kebangun jam 3 pagi kayak ada yg ngawasin gitu,atau ngeliatin. Saya lgsg lari ke kamar ortu saya gausah basa basi πŸ˜…πŸ˜…

November 15, 2017 at 5:12 PM

Terimakasih atas komentar-komentar yang masih mengalir untuk tulisan ini. Untuk para pembaca lain yang ingin berbagi pengalamanan atau pandangan tentang topik ini silakan tinggalkan tulisan di kolom komentar ini. Salam

Anonymous
November 20, 2017 at 12:50 PM

Sebenarnya ngalamin bangun jam 3 udh lama, dan sempat berhenti, trus baru aja tadi malam ngalamin lagi. Bener2 jam 3, ga lewat semenitpun, soalny lgsg liat jam kan. Melekny juga beda, klo biasa bangun pagi kan masih ngambang, tp klo jam 3 pagi pasti lgsg melek, lgsg sadar, ga kayak habis bangun tidur. Sempat ngeri juga, tanya temen sih katanya jam segitu memang untuk mendekatkan diri dengan Tuhan, pengalaman semalem sih saya coba tenang dan berdoa, tp ga bisa, deg2an banget, doanya juga ga bisa fokus, akhirnya yud narik selimut aja dan coba tidur lg, bolak balik kanan kiri, kasak kusuk sana sini, baru bs tidur lagi deh. Bukanny takut bangun tengah malam, tp ini lho kok bs jam 3 tok begitu terus, mau ga mau kepikiran.

December 7, 2017 at 6:43 PM

@Anonymous Ya begitulah yang beberapa orang alami termasuk saya. Terimakasih buat "tanpa nama" yang udah komentar ya. Lain kali temen-temen yang mau komen pake nama dong biar ngga serem hehee

February 9, 2018 at 12:34 AM

Iya. . . . Saya jg sering liat penampakan, Tp ga jam 3. . . Seringnya Yg muncul transparan. . . . Kmrn bru jam 3 malam ada yg kyk nggebrak pintu lemari di kamar sebelah saya

February 9, 2018 at 12:34 AM

Iya. . . . Saya jg sering liat penampakan, Tp ga jam 3. . . Seringnya Yg muncul transparan. . . . Kmrn bru jam 3 malam ada yg kyk nggebrak pintu lemari di kamar sebelah saya

Anonymous
April 1, 2018 at 4:49 AM

If some one desires to be updated with hottest technologies therefore he must
be pay a visit this web page and be up to date daily.

Anonymous
April 12, 2018 at 2:50 PM

Gw tw alsanx karena pintu bukan manusia ajh yg lewati tapi..makhluk lain.. Juga guy's

April 12, 2018 at 9:10 PM

Serem om. Sy juga pernah liat yg transparan gerak2 sendiri. Setelah dideketin ternyata plastik bekas gorengan ketiup angin. Hehe

April 12, 2018 at 9:11 PM

Thanks you man for the visit

June 23, 2018 at 1:32 AM

Matius 27:45-46, 50 (TB) Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga.
Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.



Sorry aku kristen hehe. Jadi mau komen aja. Yesus emang jam 3 mati, jam 9 disalibkan

July 9, 2018 at 8:26 PM

Makasih atas tambahan informasinya ya

Post a Comment
ezon7 2014. Powered by Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eneas' Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger