Angka Keberuntungan di Dunia

Alohaa sobat ezon7 yang baik sekali hatinya, :D hehehee
Kalau posting saya sebelumnya adalah tentang angka sial di berbagai belahan dunia. Yang belum baca silahkan klik disini nih. Nah, biar imbang nih - saya kali ini akan posting juga tentang angka keberuntungan di berbagai belahan dunia.

Perbedaan tentang angka keberuntungan tentunya dipengaruhi oleh beberapa hal sperti budaya, adat-istiadat, tradisi, agama, iklim, dan sebagainya. Lantas apa dan berapa saja itu? Ini dia, sobat. Selamat menyimak, Sob.

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis

Angka 3

Angka 3
pic:macquarie-dental.com.au

Angka keberuntungan 3 ternyata cukup tenar di beberapa negara. Angka 3 menjadi istimewa dengan berbagai alasan, tergantung dari mana alasan itu berasal. Di budaya orang Italia, angka 3 dianggap sebagai "perfect number" alias angka sempurna. Alasannya, mereka mengambil dari kepercayaan Alkitab tentang trinitas, yaitu Bapa, Putra dan Roh Kudus. Segitiga juga terbentuk oleh 3 (tiga) garis yang sama panjangnya dan menjadikannya bentuk yang nggak bisa dihancurkan dan dianggap terkuat. Mereka percaya bahwa segala sesuatu yang baik berasal dari 3 (tiga), seperti halnya keimanan mereka.

Sebagai tambahan, ternyata angka 3 di Rusia bukanlah angka yang dianggap membawa keberuntungan. Meski Rusia dan Italia sama-sama di benua Eropa, tapi orang Rusia justru menganggap angka 3 (tiga) dan angka ganjil lainnya adalah angka sial.


Angka 4

Angka 4
pic:beachbungalow8.blogspot.com

Di Jerman, angka 4 diangap angka yang membawa keberuntungan. Seperti halnya daun semanggi pembawa keberuntungan adalah yang berdaun 4 (empat). 

Sebaliknya, di Jepang, Cina dan Korea maka angka 4 (empat) adalah angka yang dianggap sangat sial. Seperti yang udah saya tuliskan di posting terdahulu, angka 4 (empat) diucapkan dengan pengucapan ‘shi’ yang artinya adalah kematian.


Angka 7

Angka 7
pic:redpiggypress.com

Sama seperti saya yang faorit dengan angka 7 (tujuh), di kebudayaan barat angka 7 (tujuh) pada umumnya dianggap angka keberuntungan juga. Kalau saya sih suka karena 7 itu tanggal lahir saya, tapi bagi mereka keberuntungan angka 7 sebenarnya punya banyak alasan seperti  menganggap angka 7 (tujuh) berasal dari surga, termasuk tentang penciptaan yang memakan waktu 6 hari dan dilengkapi dengan 1 hari istirahat (6+1=7).

Di Asia, khususnya di kebudayaan Jepang, Korea dan Cina angka 7 dipercaya adalah angka keramat. Angka 7 inilah yang berhubungan dengan hantu dan roh-roh. Mereka juga percaya bahwa pada bulan ke 7, hantu dan roh-roh dari neraka diperkenankan bebas mengunjungi alam dunia. Jadi angka 7 bukanlah angka keberuntungan khususnya di tiga negara tersebut, tapi nggak sial-sial amat seperti angka 4.

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis

Angka 8
Angka 8
pic:fun-stuff-to-do.com

Masih dari Asia, angka 8 (delapan) memiliki kedudukan sebagai angka keberuntungan di Jepang. Alasannya adalah karena pengucapan angka 8 (delapan) dalam kanji Jepang sama seperti arti kemakmuran dan kekayaan. Tentu saja, karena ini angka genap - maka di Rusia angka 8 juga dianggap sebagai angka keberuntungan.


Angka 9
Angka 9
pic:woelfels.blogspot.com

Dalam mitologi Nordik (Norwegia), angka 9 (sembilan) dipercaya sebagai angka keberuntungan. Orang Nordik sepertinya terus mlestarikan kepercayaan ini, karena bagi mereka angka 9 itu berarti ada tiga angka 3. Jadi di angka 9 terdapat tripel keberuntungan dalam sekali angka.

Angka 9 (sembilan) bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya Jawa merupakan angka istimewa. Mungkin lebih kepada angka keramat daripada angka keberuntungan, tapi sekali lagi - angka sembilan adalah angka istimewa. Alasannya adalah adanya hubungan dengan wali songo (sembilan) pada awal penyebaran islam, juga dengan hubungannya dengan candi gedong songo di daerah Semarang. Penafsiran lain dari angka sembilan ada pada tradisi arab tulisan Jawa yaitu, jim yang bernilai 3 dan wawu bernilai 6. Jika ditambahkan maka akan menjadi 9 (sembilan).

Perbedaan bahasa dan kebudayaan manjadikan angka 9 (sembilan) berbeda pula penafsirannya. Orang Jepang, Cina dan Korea malah menganggap angka 9 adalah angka sial. Alasannya hampir serupa, yaitu pengucapan kanji untuk angka 9 (‘ku’) sama artinya dengan penderitaan – Mungkin di negara Asia lainnya masih menganggap bahwa angka 9 (sembilan) bukanlah angka sial.


Angka 13
Angka 13
pic:coffeexperts.eu

Berbeda dengan kebanyakan kebudayaan yang menganggap angka 13 adalah angka sial - di Italia justru angka 13 dianggap sebagai angka keberuntungan. Alasannya karena jumlah orang kudus di Naples, St. Anthony. Meski begitu, angka 13 tetap dianggap sebagai angka sial bagi orang-orang Italia bagian utara.


Angka 15
Angka 15
pic:pbswesternregion.org
Di negara-negara yang berbahasa Spanyol, angka keberuntugan mereka adalah angka 15 (lima belas).


Nah, itulah angka-angka keberuntungan yang ada di berbagai negara di dunia. Memang ada yang berkebalikan antara satu kebudayaan dan yang lainnya. Tapi kembali lagi ke diri kita masing-masing, mau percaya atau tidak ya monggo. Eh iya, pesan saya abis baca tulisan ini jangan dibuat masang togel lho ya. Tapi kalau udah terlanjur ga apa-apa deh, tapi bagi lho yaa. :D



Sumber:
777.com
dailyinfographic.com
sosbud.kompasiana.com
euromillions123.com


Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Post a Comment
ezon7 2014. Powered by Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eneas' Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger