Angka Sial di Berbagai Belahan Dunia


Angka-angka tertentu sepertinya nggak bisa dipisahin sama yang namanya mitos dan kepercayaan. Walaupun di tiap-tiap kelompok masyarakat berbagai negara punya versinya sendiri-sendiri. Selain angka-angka sial, tentu saja ada yang namanya angka keberuntungan - Sobat bisa baca disini nih. Lalu, angka-angka berapa aja sih yang diyakini jadi angka sial? Simak deh.

Angka 13
Di sebagian besar kepercayaan dan mitos yang beredar, angka 13 memang jadi momok yang sebisa mungkin dihindari. Angka sial yang paling terkenal di sebagian besar kelompok masyarakat di berbagai penjuru dunia. Gedung-gedung bertingkat-pun disunat lantai angka 13 nya, lalu diubah jadi lantai 12a (jadi urutannya 10,11,12,12a,14,dst)

Konon angka 13 itu didewain banget ama para penganut Kabbalah, ajaran kuno yang kental unsur magis dan sihirnya. Dalam ritual-ritualnya, mereka juga selalu memakai angka 13. Lalu, karena dianggap dipake buat nyembah setan oleh orang-orang Kabbalah - jadi orang-orang non-Kabbalah nganggep angka 13 itu angka setan dan bikin sial. Sedangkan orang-orang Kaballah atau Yahudi malah menganggap angka 13 itu angka baik yang merupakan representasi dari kata "Love One Care"


Pohon Kaballah

Sedikit saja tentang Kaballah (Qabala, Cabala, Kabala, Qabballa) nih sobat, kepercayaan yang merupakan cabang dari kepercayaan Yahudi kuno ini diklaim sudah ada sejak jaman nabi-nabi. Awalnya berarti peristiwa/pengalaman gaib (mistis) yang terjadi. Tapi pada abad ke-13 (lagi-lagi 13) hingga kini, rupanya Kaballah mengalami perkembangan (atau pergeseran?) menjadi okultisme dan satanisme. Kabalisme juga disebut-sebut ada hubungannya dengan New World Order.

ƪ_(☉▿▿▿▿▿▿☉)_ʃ
Sebut saja film Friday the 13th atau Bangsal 13, film-film horor yang kadang malah jadi film lucu itu juga idenya dari anggapan betapa seremnya angka 13 itu. Kecuali film WC Nomer 13 dan Pacar ke 13 (kalo yang ini saya boong)

(" `з´ )_,/*(>_<' ) wooooo

Beda lagi di Pueto Rico dan negara-negara Latin lainnya, hari sial dan menyeramkan mereka bukannya Friday (Jumat) the 13th tapi Tuesday (Selasa) the 13th. Mereka orang Pueto Rico dan orang-orang Latin percaya pada sebuah mitos yang berbunyi "Si es martes, ni te cases ni te enbarques" yang artinya kalau hari Selasa, jangan melakukan pernikahan atau melakukan perjalanan. Sementara itu orang India justru menganggap angka 13 itu angka baik. 


Angka 4


Lift-nya Orang Cina Nggak Ada Lantai 4 nya

Lain ladang lain belalang - lain orang lain angkanya :D Iya nih, soalnya buat orang-orang di Cina bukan angka 13 yang jadi angka sial tapi angka 4. Soalnya cara pengucapannya seperti kata dalam tulisan Cina yang berarti kematian. Orang-orang Cina, mungkin idola saya om Jet Li juga - mereka 'menghilangkan' gedung lantai 4 seperti halnya orang Amrik yang 'menghilangkan lantai 13. 
Angka 4 Dalam Aksara Cina

Mitos tentang kesialan angka 4 ini juga termasuk angka-angka yang bisa membentuk angka 4. Seperti 13 (1+3=4) dan 22 (2+2=4)


Angka 9
Berdeda dengan orang Cina yang nganggep angka 9 itu angka keberuntungan, orang Jepang justru nganggep angka 9 itu angka sial. Karena jika diucapkan mirip dengan sebuah huruf jepang yang berarti penyiksaan atau penderitaan. 


Angka 17

Di Italia, Mendingan Angka 13 Daripada 17

Kalo di Amrik ada Friday the 13th, di Italia ada kepercayaan friday the 17th. Menurut mereka orang Italia, angka 17 dalam tulisan Romawi (XVII) bisa membentuk angka VIXI yang artinya berasal dari terjemahan bahasa Latin yaitu "hidupku selesai"


Angka 39
Angka 39 di Afghanistan
Tiga puluh sembilan atau kalau orang Afghan menyebutnya morda-gow secara literal memiliki arti sapi mati. Nggak cuma itu, morda-gow juga disana merupakan bahasa gaul yang artinya germo. Kalau orang Afghanistan ini berpapasan dengan mobil yang punya plat nomor 36, biasanya mereka akan langsung pergi ke lain arah. 

The Number of The Beast
Hexakosioihexekontahexaphobia berarti kengerian pada angka 666. Di surat Wahyu dalam Alkitab, Yohanes bilang kalau angka 666 itu angkanya iblis. Dan iblis tersebut diinterpretasikan sebagai anti-kris lalu 666 itulah yang jadi nomer dan lambang anti-kris.
Tapi ada pendapat yang mengatakan sebenarnya bukan 666 tapi 616. Soalnya berdasarkan penelitian sekitar tahun 2005 itu terjemahan yang benar adalah 616 dan bukannya 666. 


Angka 8
Angka Sial di India

Di Tamilnadu, India, masyarakat mempercayai mitos bahwa angka 8 itu angka sial. Terutama buat nomer plat kendaraan yang kalau dijumlahin jadi 8, misal 1214 (1+2+1+4=8). 

Beda lagi di Singapura dan Malaysia, orang-orang keturunan Cina yang berbahasa Kanton justru menganggap angka 8 itu kaya dan makmur. Soalnya kalau diucapin, suaranya mirip dengan kata "fatt"


Angka 14 dan 58


Masih di negara tetangga Singapura dan Malaysia, orang-orang keturunan Cina yang berbahasa Kanton percaya kalau angka 14 itu angka sial. Angka 14 jika diucapkan maka pengucapannya seperti memiliki arti "pasti mati" dalam bahasa Kanton. 

Juga angka 58 yang pronunciation-nya akan mirip dengan bahasa Kanton yang artinya nggak bakalan makmur. 

Nggak Bakalan Makmur :D
Well, percaya-nggak percaya manusia dan angka sepertinya nggak bisa dipisahin ya? Ada yang bikin beruntung kayak nomer keberuntungan dan tanggal kelahiran saya yaitu 7, lalu saya jadiin nama blog saya ini juga nih ezon7. Tapi ada juga angka yang dianggap sial kayak angka 13. Lucunya, saya punya temen yang lahir tanggal 13 dan karena nggak mau dibilang lahir pas tanggal sial dia akhirnya bikin mitos sendiri kalau angka 13 itu bukannya angka sial tapi angka keramat. 
Share this article :
 
Comments
4 Comments

+ comments + 4 comments

April 17, 2014 at 6:21 PM

Anda Ingin Bermain Bola Tetapi Tidak Tahu Harus Betting Dimana Ini Solusi nya

BankBola.com Agen judi Bola Online Kami Menyediakan Promo-Promo Menarik sbb: Promo Bonus

Credit 100% , 20%, 10% , Dan Promo 5% Chasback Mingguan Untuk Informasi Lebih Lanjut

Silakan Hubungi Cs Kami Di BankBola.com Atau Boleh Melalui Yahoo, BBM Dan Whattapp
BBM : 27F7AAEA
YM : cs.bankbola@yahoo.com
Whatsapp : 085921135752
Di Tunggu ya Kedatangan nya Di BankBola

August 18, 2016 at 7:49 AM

@jeflyn yang

February 26, 2017 at 11:11 AM

Makmur= Makan murah cusss tintussss bubur ta wan cusss hahahaha

April 12, 2018 at 9:51 PM

Setuju kaka. Kita makmur kuy hehee

Post a Comment
ezon7 2014. Powered by Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eneas' Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger