Mencicipi Kuliner Pemalang


Foto Gunung Slamet Diambil Dari Randudongkal

ezon7.blogspot.com - "Makan dulu sayang, ntar modar lho!" Ya, itulah sepatah kata gokil yang awalnya saya temuin di dp bbm teman. Konyol sekaligus mengharukan buat para jomblo. Lah emang siapa yang mau ngingetin, apalagi manggil sayang. Untung saya bisa berpacaran, bisa juga jomblo. Hihii

Aloha sobat ezon7, ngomong2 soal makan-memakan nih. Masih dalam rangka kunjungan kenegaraan saya ke Pemalang dan sekitarnya bulan-bulan kemarin, saya sempat juga mencicipi kuliner khas Pemalang. Pokoknya yang belum pernah saya coba - ya dicicipin.

Kurang lebih ada 4 makanan dan minuman yang saya coba. Ada soto Pemalang, soto kambing, nasi grombyang dan wedang ilalang. Seperti apa sih rasanya, ini dia!

Soto Kambing Pemalang
Begitu sampai di Pemalang, tepatnya di daerah Randudongkal saya langsung cari tempat istirahat. Sekalian isi perut yang kosong sepanjang perjalanan dari Purwokerto melewati pinggiran gunung Slamet. Puter-puter, bolak-balik akhirnya mata saya tertuju pada warung soto kambing.

Penasaran juga, karena sebelumnya saya cuma pernah makan soto ayam atau sapi doang. Kalo soto kambing memang baru sekali itu. Setelah tau rasanya saya pengen lagi dan lagi. Yah, next time deh.

Setelah saya parkirin motor di depan warung tenda soto kambing itu, langsung aja saya pesan soto kambing. Sementara dibuatkan, saya telepon teman saya buat jemput di warung itu.

Lima menit berselang, soto kambing yang saya tunggu-tunggu datang juga. Well, sampai disini saya mau bilang sama sobat pembaca kalo saya nggak punya fotonya. Sayang sekali, jadi kalo kecewa boleh baca menu selanjutnya aja deh. Di menu ini saya cuam akan coba deskripsikan. Pura-puranya jadi pak Bondan gitu.

Soto kambing hampir mirip dengan soto ayam Pemalang. Bedanya, tentu aja di dagingnya - pake kambing. Lalu ada lontong, kuah kental bersantan, tauco, kerupuk mie kuning (lupa namanya), dan entah apa lagi bumbu2nya saya nggak ngerti. Maklum, pak Bondan gadungan. Hehee

Soal rasa, soto kambing ini oke punya. Jos bukan kepalang, saya suka sekali karena mungkin sesuai juga dengan lidah saya. Gurih, spicy, pedas dan nggak bau kambing. Mungkin sebelum disembelih, kambingnya udah dimandiin dulu kali yee.

Katanya sih, ada juga yang mengganti santannya sama susu. Mungkin susu kambing ato susu ayam. Rasanya jelas lebih nikmat dan lebih gurih tentunya. Tapi kali itu saya mencicipi yang versi santan kelapa.

Harganya? Menurut saya sih relatif nggak mahal buat menu daging kambing. Semangkuk soto kambing itu saya tebus dengan selembar sepuluh ribuan. Harga itu nggak termasuk makuknya tapi yaa. Hihii

Nasi Grombyang
Entah gimana asal-usul nama nasi grombyang. Saya nggak tau dan nggak sempat nyari tau juga. Mungkin dulunya ada nasi yang jatuh grombyang ke semacam bumbu-bumbu atau mungkin ada kambing yang iseng masuk ke panci lantas terjebak dan mateng. Mak grombyang jadilah nasi grombyang gitu. Entahlah, imajinasi saya terlalu konyol mungkin.

Nasi Grombyang
Menu Tambahan Sate Usus

Saya dan teman mendapati nasi grombrang ini di daerah Pemalang kota. Saya lupa nama jalannya apa, tapi yang jelas di jalan itu banyak pedagang nasi grombyang, nasi megono dan lontong apaaa gitu saya lupa - berbaris bagaikan kuntul baris. Banyak.

Masih dengan santan, kuah sambal goreng dan daging kambing. Disajikan di mangkuk kecil seperti soto kudus, lantas ada menu tambahan sate usus dan sate jeroan yang dijual terpisah. Penampilannya seperti nasi gandul khas Pati, tapi rasanya beda.

Seperti soto kambing yang kental dan berbumbu-bumbu, nasi grombyang juga demikian. Dan kalo lidah saya nggak salah, ada juga campuran tauconya. Rasanya tentu saja gurih dan spicy, meski memang nggak segalak soto kambing.

Gerobak Penjual Nasi Grombyang
Sayangnya, porsi segitu mah nggak cukup buat kami. Ingin tambah, tapi setelah dipikir-pikir mending buat nyoba menu lain. Kami harus ngeluarin (kalo salah nihhh) 25 ribu buar dua mangkuk nasi grombyang dan 2 gelas teh manis hangat.



Soto Ayam Pemalang
Malam semakin larut, (lagi-lagi) kalo salah sekitar jam 11 malam. Jadi terbatas deh, nyari makanan juga banyak yang udah tutup. Tapi dengan sepenuh jiwa dan raga, teman saya mencari-carikan soto Pemalang yang juga pengen saya cicipi juga.

Soto Ayam Pemalang Yang Meriah
Setelah dipastikan soto ayam di tempat langganan teman saya tutup, saya berboncengan menyisir kota. Sampai akhirnya kami menemukan satu-satunya penjual soto di pinggir jalan.

Di depan gerobak itu bertuliskan soto ayam. Dan tentu saja kami langsung pesan, "Dua ya pak! Yang enak, yang banyak, jangan lupa pake diskon!" Hahaa


"Dua ya pak! Yang enak, yang banyak, jangan lupa pake diskon!"
Mungkin memang soto di jawa tengah bagian barat itu lebih berwarna warni kali ya? Coba bandingin, selain Jogja - soto di Jawa Tengah bagian timur biasanya penampilan dan rasanya lebih kalem. Isiannya juga nggak serame soto-soto Sokaraja, Pemalang, Tegal, atau Pekalongan.

Lagi-lagi, tauco sudah mendarah daging buat makanan berkuah disini. Rasa wajib buat makanan di Pemalang dan kota-kota pesisir utara disekitarnya. Selain rasa tauco yang khas, soto ayam Pemalang juga masih tetap bersantan dan spicy. Diatas lontong ditaburi kerupuk-kerupuk, suwiran daging ayam dan remukan mie kering sebagai kriuk-kriuk. Di lain penjual, biasanya mie diganti dengan remukan tulang cakar ayam yang digoreng jadi renyah.

Rasanya? Mmmm, kali ini soto ayam lebih gurih dibandingkan soto kambing. Dan dari segi rasa segar masih kalah dibanding soto kambing dan nasi grombyang. Tentu porsi mangkuk besar, ditambah semangkuk kecil nasi grombyang yang sebelumnya saya makan sudah bikin kenyang. Cukup buat bekal pulang ke rumah teman di Moga dan bekal buat bermimpi indah malam itu. Enaknyaa.

Oh iya, harganya berapa ya? Maaf saya lupa karena kali itu teman saya yang traktir lagi. Mmm, tapi masih dikisaran 20 ribu buat dua orang deh.

Wedang Ilalang
Hah, wedang ilalang? Apaan coba? Berati wedang rumput? Berati minumannya kambing sapi dong??

Memang, dari namanya aja udah bikin saya mengernyitkan dahi. Mikir keras, gumun dan penasaran karena baru sekali itu saya nemuin. Setelah pura-pura takjub, akhirnya teman saya setuju juga buat mentraktir (lagi) wedang ilalang.

Mana Ilalangnya ya?
Malam itu, ditemani sang angin malam yang cukup dingin. Kami berdua lesehan di depan pasar Randudongkal yang udah tutup. Setelah memesan, kami duduk di karpet sambil ngobrol saya sendiri udah lupa topiknya.

Taraaa, akhirnya dateng juga wedang ilalang pesanan kami. Ditambah gorengan dan lontong. Meskipun masih ditambah lagi mie ayam, tapi saya nggak ceritain dulu mie ayamnya. Kali ini tentang wedang ilalang dulu.

Secara penampakan dan rasa, nggak jauh beda dengan wedang susu jahe. Bedanya, ada rasa-rasa ilalang yang gimanaa gitu. Dan memang mereka mencampur jahe dan susu, meskipun jahenya nggak digepuk seperti wedang jahe Solo atau Jogja. Rasanya-pun lebih kalem dibanding wedang jahe di angkringan-angkringan. Jadi kesimpulannya, dibandingkan wedang susu jahe - wedang ilalang beda di ilalang dan gelasnya. Hihii.

Jadi, kalo sobat sedang berkunjung ke Pemalang dan sekitarnya jangan lupa mencicipi makanan-makanan tadi. Kalo saya sih jagoin soto kambing Pemalang buat sobat cicipin. Pokoknya yahuuuttt dan kata pak Bondan: maknyuss! Selamat makan. ezon7.blogspot.com
Share this article :
 
Comments
6 Comments

+ comments + 6 comments

July 18, 2015 at 9:23 AM

next...
apalagi topiknya ya Sob..
:D

July 18, 2015 at 10:36 AM

@Luthfi Shiyami Entahlah sopp, mungkin tentang bebatuan yang enak dimakan.

December 6, 2015 at 4:36 PM

nasi grombyangnya mantep tuh kayaknya mampir di warung kita juga ya sablon gelas plastik di bali

January 30, 2016 at 1:06 PM

Ohh jelang doss. Mantep tepp!! Hahaha.Trims sudah berkunjung

September 1, 2016 at 7:49 AM

Entahlah gan, mungkin tentang bebatuan yang enak dimakan.

December 9, 2016 at 6:01 PM

Brilian gan

Post a Comment
ezon7 2014. Powered by Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eneas' Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger