Simbol Adinkra

Aloha sobat ezon7 yang semakin banyak rejekinya,
(bagii doongg hehee...)

ezon7.blogspot.com - Sobat, sudah pernah baca, denger, liat atau bahkan punya yang namanya adinkra belum? Saya sih baru kali ini tau apa itu Adinkra. Entah lewat jalan yang gimana, saya lupa - tau-tau saya nyasar ke sebuah situs tentang adinkra. Epik banget deh, kalau saya kata sih adinkra itu semacam batiknya orang Afrika Barat.

Adinkra Biasa Digunakan Dalam Upacara Adat di Afrika Barat
pic:globaltableadventure.com
 
Sejarah Adinkra
Menurut orang-orang Akan, yaitu suku/etnis terbanyak di Ghana dan Pantai Gading - Adinkra sudah ada sekitar tahun 1818 saat terjadi perang antara Asante Gyaman. Pada tahun 1817, ada seorang berkebangsaan Inggris bernama Thomas Edward Bowdich mendapatkan sepotong kain Adinkra di kota Kumasi, sebuah kota di selatan-Ghana bagian tengah. Di kain tersebut terdapat lima belas simbol adinkra yang dicap menggunakan pewarna alam. Disitu terdapat adinkra nsroma (bintang), dono ntoasuo (double Dono drum), dan berlian. Kain hasil penemuan Bowdich tersebut sekarang disimpan di British Museum.

Apa Itu Adinkra
Adinkra adalah suatu simbol visual yang diciptakan oleh orang-orang Akan. Simbol adinkra mewakili konsep yang isinya kata-kata mutiara atau kata bijak seperti layaknya pak Mario idola saya. Hehee.. Maknanya berbeda dalam setiap simbol, seperti contoh: Dwennimmen memiliki makna kekuatan dalam persatuan; Mate Masie berarti "apa yang kudengar - aku jaga".

Kain Motif Adinkra
pic:en.wikipedia.org
Peggunaan Simbol Adinkra
Adinkra memiliki nilai filosofi tradisional dan kearifan tinggi. Kalau di Indonesia, batik biasanya hanya digunakan di kain - tapi adinkra digunakan nggak cuma di kain, tetapi juga di tembikar, logo dan iklan, dinding, jendela, pintu, bahkan di tempat duduk. Adinkra biasa digunakan di rumah tangga dan ritual tradisional Afrika barat. 

Stempel/Cap Untuk Membuat Adinkra
pic:www.tienchiu.com
Anthony Boakye Dari Ntonso, Ghana
Membuat Adinkra Menggunakan Sisir
Tattoo Tribal Dipadu Dengan Simbol Adinkra
pic:derattatattoo.com
Secara tradisional, adinkra biasanya digunakan oleh bangsawan dan para pemuka kepercayaan saat upacara pemakaman atau upacara-upacara khusus lainnya saja. Tapi seiring perkembangan jaman, adinkra sudah digunakan secara luas oleh rakyat biasa, termasuk para turis. Dan berkat pariwisata, adinkra digunakan juga di barang-barang seperti kaos oblong, baju dan perhiasan. Nggak ketinggalan, adinkra juga digunakan untuk desain tattoo. Seperti yang terlihat di gambar di atas, sibol adinkra keliatan keren dipadu dengan motif tribal. ezon7.blogspot.com

Nah, seperti apa saja macam dan jenis-jenis, sekaligus arti/makna simbol adinkra itu?
Langsung deh sob. Silahkan KLIK SINI

Salam pramuka siaga! :D
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Post a Comment
ezon7 2014. Powered by Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eneas' Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger