Sejarah Musik Dunia Bagian III (Zaman Klasik)

Aloha sobat ezon7 yang dengan sabar ati nungguin kelanjutan posting Sejarah Musik Dunia. Tenang aja sob, saya nggak lupa kok. :D hehee. Okelah, langsung aja nih saya lanjutin tulisan sejarah musik dunianya. Kali ini kita sampai di zaman Klasik, mau tau seperti apa? Baca aja terus.

Oh iya, buat sobat sekalian yang belum baca bagian sebelumnya silahkan baca disini:
Sejarah Musik Dunia Bagian I (Zaman Prasejarah - Zaman Pra Modern)
Sejarah Musik Dunia Bagian II (Abad Pertengahan - Zaman Barok dan Rokoko)

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis



8. Zaman Klasik


Zaman ini dimulai pada tahun 1750, sepeninggal Bach seorang kontrapuntik unggul serta Haendel yang karya-karyanya tak lekang oleh zaman. Zaman antara Bach dan Beethoven ini disebut zaman klasik, yang juga merupakan zaman peralihan menuju zaman Romantik.

Karakteristik yang timbul pada zaman ini, adalah:

  • Pemakaian crescendo dan decrescendo. Yaitu peralihan dinamik dari pelan menjadi keras, dan dari keras menjadi kian pelan.
  • Penggunaan accelerando dan ritardando, yaitu mempercepat tempo atau mengurangi tempo.
  • Pembatasan penggunaan hiasan ornamentik.
Komponis-komponis utama pada zaman ini adalah : Stamitz, Haydn dan Mozart. Sedangkan Beethoven yang biasanya masuk di zaman ini, akan dimasukan di zaman romantik karena Beethoven merupakan komponis aliran Romantik yang pertama.



Johann Stamitz
(1717 – 1757)

Gambar Sketsa Johann Stamitz
(1717 – 1757)
Stamitz dikenal sebagai pelopor aliran Mannheimer dari zaman ini. Aliran Mannheimer sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan musik instrumental. Stamitz yang menjabatsebagai kapelmaster di Mannheim ini adalah pembangun dan pembina gaya simfoni klasik.

Karyanya yang terkenal antara lain : 10 trio, 10 violin concerto, 1 Mis dan 50 Simphoni.


Franz Joseph Haydn
(1 April 1732 – 31 Mei 1809)

Lukisan Wajah Franz Joseph Haydn
(1 April 1732 – 31 Mei 1809)

Semasa remaja, Haydn yang lahirkan di Rohrau 1732 ini menjadi anggota koor gereja San Stefan. Namun ia didepak karena perubahan suaranya pada umur 17 tahun. Dia menjadi kapelmaster di istana Morzin, selanjutnya menjadi kapelmaster di istana Eszterhazy di kota Eisenstadt. Eszterhazy merupakan wilayah yang sulit dijangkau, terisolasi dari pengaruh musisi-musisi luar. Selama 25 tahun berturut-turut hingga menjelang akhir hayatnya, dia menduduki jabatan ini, memimpin orkestra dan mengarang musik.

Pada tahun 1791 dan 1794 Haydn mengunjungi Inggris. Dia memperoleh sukses yang besar di Inggris, oleh karena itu, setibanya di Austria dia diakui sebagai komponis Austria yang paling ulung.

Haydn meninggal tahun 1809 di Wina. Dia juga dikenal sebagai bapak orkes dan kwartet gesek, yang mewujudkan bentuk orkes dan kwartet seperti yang kita kenal sekarang. ezon7.blogspot.com  

Ciptaannya yang terkenal antara lain: 83 Kwartet, oratorio: Die Schopfung dan Die Jahreszeiten, lebih dari 100 simfoni, cello concerto, sonata piano, trio piano, 24 opera.



Wolfgang Amadeus Mozart 
(27 Januari 1756 – 5 Desember 1791)

Lukisan foto diri Wolfgang Amadeus Mozart 
(27 Januari 1756 – 5 Desember 1791)
Mozart, si anak ajaib, lahir di Salzburg. Dunia mengenalnya sebagai komponis brilian yang jenius. Pada saat anak-anak, musisi brilian yang memiliki nama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart ini sudah tampil di konser piano. Pada umur empat tahun, Mozart sudah mampu memainkan harpsichord dan melakukan improvisasi pada karya-karya musik pendahulunya. Setahun kemudian, dia sudah mampu menulis komposisi pertamanya.

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis
Pada umur 6 tahun ia melakukan tur ke seluruh Eropa, dengan inisiatif Leopold, ayahnya, yang ingin memamerkan Mozart serta Nannerl kakak perempuan Mozart. Saat melakukan tur di Italia, Mozart ke gereja dan mendengar musik Miserere karya Allegri. Hanya dengan sekali dengar saja, Mozart kecil mampu menuliskannya di luar kepala setelah dia pulang. Lebih hebatnya lagi, tidak ada satupun yang salah. Kemampuan ini biasa disebut tala mutlak. Mozart kecil juga mendapat pesanan membuat komposisi opera. 

Mozart Kecil
Tur keliling Eropa inipun menuai sukses yang luar biasa. Raja-raja Eropa juga memanggil Muzart dan Nannerl kakaknya untuk berunjuk gigi di hadapan mereka, termasuk Raja Bayern di Munchen, Ratu Maria Theresia. Disamping itu Mozart juga mendapat ujian dengan mata yang ditutupi kain untuk mengimprovisasi tema-tema yang diberikan.

Mozart juga mendapat kesempatan untuk bertemu dan main bersama Johann Christian Bach, anak dari Johann Sebastian Bach di London. Lau mereka memainkan piano sonata empat tangan dalam satu piano. Saat bermain bersama itu, Mozart kecil dipangku oleh Johann Christian Bach atau yang sering dipanggil English Bach.

Setelah masa kanak-kanaknya lewat, Uskup kota Salzburg mengangkatnya menjadi komponis dan virtuos. Lalu pada tahun 1781 ia pindah ke kota Wina, tempat dimana karya-karya besarnya lahir. Tercatat ada sekitar 700 karya-karya dari Mozart.

Mozart yang mendulang sukses besar ini, ternyata hidupnya sangat sengsara dan miskin menjelang akhir hayatnya. Dia meninggal dengan begitu sengsara dan dimakamkan di pemakaman fakir miskin. Meski begitu, penyebab kematiannya masih menyimpan misteri, bahkan kuburan Mozart-pun tidak diketahui letaknya.

Karya-karyanya yang terkenal antara lain: Requiem Kochel 626, satu mis, piano concerto, konser piano duet, violin concerto, opera Don Giovanni, Le Nozze di Figaro, Die Zauberflote, sonata-sonata piano, sonata viol, kwartet dan sekitar 40 simfoni, kwintet klarinet, kwintet gesek, kwintet biola alto. ezon7.blogspot.com  

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis
Share this article :
 
Comments
8 Comments

+ comments + 8 comments

July 19, 2014 at 4:14 PM

Makasih bro sudah bantu buat tugas gw. Sangat bermanfaat tulisannya

Anonymous
September 16, 2014 at 7:38 PM

Makasih, Gan... Sangat membantu... Ijin copy utk buat tugas ya gan... terima kasih banyak...

September 25, 2014 at 8:34 PM

@Steven Sama-sama sob. Semoga naik kelas yaa :D

October 12, 2014 at 8:48 PM

sob sy nyari2 ttg musik modern kok gaada ya? sedihhh

October 18, 2014 at 1:46 PM

@rizty amalia putri Sebenernya saya ada sob, cuma belum sempat nulisnya. Kapan yaa... hehe

September 6, 2015 at 4:12 PM

Nice

January 30, 2016 at 1:12 PM

Thanx

Post a Comment
ezon7 2014. Powered by Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eneas' Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger