Liburan ke Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Libur telah tiba
Horeee

Aloha sobat ezon7 pecinta liburan, musim liburan ini pada mau kemana nih? Pegunungan, pantai, danau, sawah, kota-kota, desa-desa, atau bermalas-malasan aja di kamar? Sepertinya semuanya sama mengasyikannya. Apalagi ditemenin sang terkasih. Aduhh, jadi ngirii. Hahahaa

Minggu yang lalu saya dan keluarga berlibur ke Telaga Sarangan di daerah Magetan, Jawa Timur. Cukup menarik juga, ada rekreasi air, pasar buah dan sayuran segar, pemandangan elok, dan yang pastinya udara bersih segar dan dingin karena Telaga Sarangan ini terletak di kaki gunung Lawu.

Survei Lokasi
Sebelum rombongan kakak-kakak dan keponakan-keponakan saya datang, saya diberi tugas untuk mensurvei tempat. Sekaligus mencari dan memesan villa untuk menginap. Sebelumnya saya belum pernah ke Sarangan, paling jauh sih sampai Cemoro Sewu aja di daerah Tawangmangu.

Pagi itu, sekitar jam 9 pagi saya bersiap-siap jalan ke Sarangan. Agak malas juga sih jalan sendirian naik sepeda motor. Bukan apa-apa, selain gak ada temen ngobrol juga pastinya bakal kedinginan soalnya gak ada yang peluk-peluk kan. Hihihii.

Motor udah, bensin udah, uang saku udah, hape udah, earphone buat dengerin lagu sepanjang jalan juga udah. So, tunggu apa lagi – let’s go!

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis
Perjalanan berangkat dari Solo – Sarangan saya lewat jalur utama. Lewat Tawangmangu, Kemuning, Cemoro Sewu dan akhirnya sampai di Telaga Sarangan Magetan. Dengan kecepatan sedang, saya musti melewati medan yang lumayan berat. Parah lagi jalanan setelah Tawangmangu, entah berapa banyak tikungan dan berapa derajat tanjakan yang saya lalui.

Kendaraan yang fit, rem pakem dan kondisi badan yang fit, serta kemampuan mengemudi sangat diperlukan untuk menaklukkan perjalanan ke Sarangan ini. Jalur pertama, saya lewat jalan utama Karanganyar – Tawangmangu, lalu sampai di pertigaan besar Tawangmangu saya ambil kiri. Orang sekitar biasa menyebut pertigaan ini dengan nama Sekipan.

Mohon maaf, saya nggak bisa menuliskan apakah itu ke arah timur, atau utara. Jujur saja, walaupun berbagai jalur di Jawa Tengah dan DIY sebagian besar udah pernah saya lewatin tapi saya nggak selalu tau mana utara – mana selatan. Saya cuma tau kanan-kiri. Dan kali itupun saya nggak pake GPS, nggak juga tanya-tanya, saya cuman ngandalin insting aja bisa nyampe Sarangan. Tapi mudah kok, asal dari Karanganyar ikutin aja jalan yang sama juga nyampe kok. Hihii

Sampai di Sarangan sekitar jam 11 – 12 siangan. Kalau ditarik lurus mungkin jaraknya hampir sama seperti Solo – Jogja, cuma medannya aja beda. Sebenernya saya catat speedometer pas berangkat, konyolnya saya lupa perhatiin setelah sampai.

Akhirnya saya sampai juga di pos retribusi. Nggak lupa saya-pun membayar tiket masuk seharga 10 ribu rupiah. Harga tiket masuk Telaga Sarangan jika dirinci: 7500 satu tiket masuk, 1000 untuk PMI, 200 rupiah untuk premi Jasaraharja. Sisanya 1300 mungkin menguap. Beruntung, besoknya kami datang waktu malam, jadi nggak kena biaya tiket masuk alias gratis.

Telaga Sarangan nan Sejuk
Entah seharusnya sejuk atau dingin, tapi yang jelas tengah malam itu saya menggigil. Langsung saja sebelum saya nyari villa, saya sempatin dulu makan soto biar badan anget. Di sekitar Telaga Sarangan banyak terdapat warung-warung yang menawarkan berbagai makanan.

Memang nggak ada makanan yang terlalu khas di sini, tapi makanan seperti sate kelinci, sate landak sepertinya juga jadi andalan para pedagang di Telaga Sarangan. Mungkin kebun-kebun strawberi yang bisa dipetik sendiri bisa jadi kesenangan tersendiri buat sobat bila berlibur di Telaga Sarangan.

Kali itu saya memesan semangkuk soto dan segelas kopi hitam. Soto di Sarangan ternyata udah berbeda dengan soto di Solo. Soto di Sarangan lebih berkiblat ke soto Jawa Timuran yaitu segar, asem, asin, dan pakai telor. Saya merogoh kocek 7000 rupiah untuk semangkuk soto dan kopi hitam.

Pesan Villa di Sarangan
Setelah badan angetan, saya langsung mencoba menghubungi nomor yang diberi kakak saya. Ada tiga nomor yang bisa dihubungi. Awalnya bingung juga sih mau telpon yang mana, tapi akhirnya saya mulai saja dari yang paling atas.

Setelah bla-bla-bla, saya lantas dijemput oleh Pak Abdul si pemilik villa Melati Sarangan. Lalu diantarkannya saya ke villa miliknya. Letaknya nggak jauh dari terminal (parkiran besar) Telaga Sarangan. Kali itu saya diberi harga 300 ribu untuk dua kamar dan sebuah ruang tengah. Murah kan?

Masing-masing kamar terdiri dari dua buah tempat tidur double bed. Jadi dalam satu villa bisa terisi dengan 8 orang. Kalo mau lebih anget bisa diisi masing-masing kasur dengan 3 orang, jadi 12 orang. Ruangan tengah juga bisa digunakan kalau mau dengan menambah kasur tambahan. Dengan menambah 25-50 ribu, Pak Abdul siap menyediakan kasur tambahan.

Karena saya orangnya nggak enakan, alias sungkan plus nggak tegaan kalo nggak jadi pesen – akhirnya saya deal memesan kamar untuk tanggal 30 Juni 2014 dengan uang muka 75 ribu. Lagian pak Abdul sudah dengan bersahabat dan ramah melayani saya, jadi tambah nggak tega deh kalo cuma buat perbandingan.

Meskipun pak Abdul masih punya penginapan dan villa lainnya, tapi saya pikir yang 300 ribuan itu aja ah.
Dibawah ini saya kasih foto-fotonya deh, sekaligus nomor yang bisa dihubungi. Untuk sobat sekalian yang mau pesan villa atau penginapan di Sarangan langsung ke yang punya. Soalnya kalo nyari mendadak agak rempong juga ngadepin calo-calo yang agresif di sini lho.

1.Soto di Sarangan beda dengan soto di Solo; 2.Kamar di Villa Melati;
3.Kamar mandi Villa Melati ada air hangatnya; Ruang tengah Villa Melati

Nomor Telepon Pemesanan Penginapan dan Villa di Telaga Sarangan
1.    Hotel (Penginapan) Melati 1
Kamar kecil 1 double bed Rp.100.000
Kamar besar 2 double bed, balkon menghadap ke Telaga Sarangan Rp.200.000
No.Telp 085645699118 (Pak Abdul)
2.    Villa Melati 2
2 kamar, 1 ruang tamu, 4 double bed, 2 kamar mandi, air hangat, tv
Rp 300.000
No.Telp 085645699118 (Pak Abdul)
3.    Villa 3 Kamar
No.Telp 085735377105 (Pak Rudy)
4.    Hotel Setia Budi
Ada fasilitas ruang pertemuan gratis untuk keluarga
Harga mulai Rp. 80.000/ kamar

Bonus Dari Survey
Setelah deal dengan pemesanan, saya diajak Pak Abdul berkeliling di sekitar Telaga Sarangan. Nggak cuman itu, saya juga diajak melihat-lihat penginapan Melati 1 yang terletak di dekat Telaga Sarangan. Memang, untuk menuju ke penginapan Melati 1 kita perlu melakukan sedikit perjuangan. Berjalan kaki naik beberapa meter dari jalan pinggiran telaga.

Namun perjuangan itu terbayar sesuai capeknya, penginapan Melati 1 khususnya lantai-lantai atas punya view yang nggak kalah indah dari hotel-hotel yang lebih mewah dan lebih mahal. Kamar yang besar punya balkon yang menghadap langsung ke Telaga Sarangan. Katanya, pada hari-hari biasa dia mematok harga 200 ribu untuk kamar besar yang berisi dua kasur dan balkon itu.

Selain kamar besar, ada juga kamar-kamar kecil yang berharga 100 ribuan. Memang nggak ada balkonnya, tapi masih ada ruang buat menikmati pemandangan dari atas kok. Sayang sejuta sayang, sampai di tempat ini kamera saya keabisan baterai. Jadi singkat kata saya nggak punya foto penginapan Melati 1 Sarangan itu.

Setelah puas melihat-lihat dan ngobrol, sayapun pamit pulang. Sebagai bonus, pak Abdul memberi tau saya agar lewat jalan baru aja. Sayapun manut, dan ternyata jalan baru itu tanjakan-turunannya lebih landai dan jalannya lebih luas sampai akhirnya tembus di sekipan Tawangmangu.

Mari Berpiknik ke Telaga Sarangan
Akhirnya hari yang dinanti-pun tiba, 30 Juli 2014 malam kami berangkat menuju Telaga Sarangan. Jalan beriring-iringan dengan dua mobil kami melintasi Karanganyar – Tawangmangu – Jalan tembusan baru menuju Telaga Sarangan.

Hari sebelumnya saya survey dengan terangnya, tapi kali ini malam hari. Saya harus berpikir keras karena jalan-jalan menuju ke Telaga Sarangan gelap, panjang, naik-turun, berkelok-kelok, dan minim petunjuk jalan dan parahnya nggak ada selembar manusiapun untuk ditanyai. Mau ngandalin GPS? Percuma, nggak ada sinyal di tengah hutan pegunungan, Sob.

Harap-harap cemas saya jalan aja terus ngandalin feeling dan ingatan-ingatan hal-hal unik. Seperti jalan masuk tembusan dari Tawangmangu yang setengah tertutup oleh portal duduk, petunjuk jalan tulisan “ke solo” yang kebalik, warung Lydia di kanan jalan yang berati udah deket Sarangan, dsb.

Akhirnya kami sampailah juga di kompleks Telaga Sarangan. Kalo nggak salah itu sekitar jam 9 malam. Di dalam mobil sih nggak begitu dingin, tapi begitu turun ke jalan maka langsung nyess. Bahkan Pak Abdul, orang lokal pemilik villa yang menjemput kami-pun sampai memakai jaket tebal berponco. Seandainya aja ada cewek cantik pake hot pants dan tank top di malam sedingin itu, saya yakin 90 persen itu hantu dan saya bakal lari menjauh – bukan mendekat. Hohohoo

1 dan 2. Perjalanan yang cukup menantang.
3. Beristirahat sejenak setelah sampai

Sambil menggigil saya dan saudara-saudara menurunkan barang-barang ke dalam kamar. Lalu selanjutnya makan malam dengan mie instant cup, karena warung-warung-pun udah pada tutup. Untungnya pak Abdul memberi kami satu termos air panas. Cukuplah untuk mengganjal perut sambil berbincang-bincang kesana-kemari.

Nggak sampai tengah malam, ayah dan kakak-kakak serta keponakan-keponakan saya-pun akhirnya tidur. Saya sempetin ngliat bola dulu sebentar, eh ternyata ponakan terkecil nemenin satu sarung dengan saya. Lalu akhirnya diapun terlelap, saya lantas menyusul. Jadi waktu itu ada 10 orang termasuk saya yang menginap di penginapan Melati 2 milik pak Abdul itu.

Saatnya Menikmati Telaga Sarangan
Setelah sarapan dengan sebungkus nasi pecel, saya dan beberapa ponakan mengawali berjalan-jalan di sekitaran telaga. Bermain ayunan di taman yang ada di salah satu sisi pasar. Baru setelah itu kami semua berjalan-jalan berkeliling Telaga Sarangan.

Ponakan-ponakan bermain di taman bermain Sarangan

Untuk naik speed boat berkeliling telaga, tarifnya adalah 50 ribu rupiah untuk waktu sekitar 10 – 15 menit. Sayangnya karena itu kapal kebut sudah nggak muat, maka saya cuma bisa ngliat aja sambil foto-foto.
Kalo sobat ingin berkeliling naik kuda, bisa menyewa dengan harga 50 ribu juga. Rutenya mengitari telaga untuk waktu sekitar 20 – 30 menitan. Lalu sebenarnya ada juga kapal bebek, tapi sepertinya jarang ada yang menyewanya. Mungkin takut ditabrak speed boat kali ya.

Bertamasya di Telaga Sarangan dengan keluarga

Cinderamata, makanan dan pemandangan yang asri juga bisa dinikmati selain atraksi air. Sepulang dari telaga ke penginapan, kami membeli beberapa buah-buahan dan sayuran yang segar-segar. Dan anak-anakpun masih ingat untuk kembali lagi ke taman ayunan. Kamipun mengikuti mereka dan beristirahat dulu disana sambil ngobrol-ngobrol.

Sebenarnya berjalan mengitari telaga yang cukup luas itu sepertinya mengasyikan. Kamipun berencana mengitarinya sekaligus berjalan pulang. Tapi sayang, ternyata di salah satu sisi jalan nggak bisa dilewati mobil. Yah, terpaksa kami putar balik dan menuju arah pulang.

Saatnya Pulang Ke Solo
Siang itu kami pulang menuju Solo. Di tengah perjalanan, masih di deket-deket Sarangan saya beli dua keranjang tobeli. Tobeli?? Stoberi stroberii, strawberry dehh kalo taunya yang inggris-inggris. Ah, berapa ya saya agak lupa harganya. Kalo nggak salah 30 rebu buat du keranjang stroberi yang di dasar keranjangnya dikasih kertas biar keliatan banyak itu. -__-

Berfoto bersama keluarga di Sarangan

Saya sih beli buat oleh-oleh, orang sayanya aja nggak suka stroberi. Asem sih. Tapi kata kakak saya sih manis nggak kayak stroberi biasanya. Saya sih percaya aja, dan nggak berniat ngebuktiin.

Di Tawangmangu, kami mampir makan siang sate kelinci dulu. Yah, semoga hewan lucu ini pada masuk sorga deh ya. Tapi memang seperti di daerah-daerah wisata pegunungan, seperti Bandungan, Kaliurang, Kopeng, Dieng, dll, sate kelinci biasanya ada. Nggak tau deh kenapa di pantai nggak ada yang jual sate kelinci dan di pegunungan jarang yang jual es kelapa muda.

Kain Blacu - Kanvas - Alat Lukis
Setelah perut terisi dengan sate playboy, kami lantas meneruskan perjalanan pulang. Kali ini kami melewati rute berbeda yaitu lewat Matesih yang lantas tembus di Karanganyar kota. Jadi di pertigaan setelah melewati pasar Tawangmangu, sobat ambil saja jalan yang kiri. Jalannya menurun tajam dan rusak pada awalnya. Kelebihannya adalah jalan lebih landai meski kualitas aspal lumayan banyak yang bolong. Tapi lebih aman dan lebih mempersingkat waktu.

Jauh lebih cepat dibanding perjalanan berangkat, akhirnya sore hari kami tiba juga di Solo. Selanjutnya, malam itu kami sedikit plesiran di kota Solo dan esok harinya pantai-pantai ke Gunung Kidul. Saya tulis di post terpisah aja ya.

Secara keseluruhan saya pribadi memberi nilai 7,5 untuk perjalanan yang menantang, udara sejuk, akomodasi yang cukup memadahi, harga serta keindahan alam Telaga Sarangan ini. ezon7.blogspot.com